PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SCIENTIFIC INQUIRY TERHADAP PENGETAHUAN KONSEPTUAL DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA TEMA SELALU BERHEMAT ENERGI DI KELAS IV SDN 101928 RANTAU PANJANG PANTAI LABU

Rina. (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SCIENTIFIC INQUIRY TERHADAP PENGETAHUAN KONSEPTUAL DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA TEMA SELALU BERHEMAT ENERGI DI KELAS IV SDN 101928 RANTAU PANJANG PANTAI LABU. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 8166182043 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 8166182043 COVER.pdf - Published Version

Download (37kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 8166182043 PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM 8166182043 PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (203kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 8166182043 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 8166182043 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 8166182043 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. NIM 8166182043 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (311kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 8166182043 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM 8166182043 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (219kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 8166182043 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6. NIM 8166182043 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (212kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 8166182043 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
7. NIM 8166182043 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 8166182043 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8. NIM 8166182043 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 8166182043 BAB I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 8166182043 BAB I.pdf - Published Version

Download (454kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 8166182043 BAB V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 8166182043 BAB V.pdf - Published Version

Download (220kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 8166182043 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. NIM 8166182043 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (270kB) | Preview

Abstract

Peneltian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh model pembelajaran scientific
inquiry terhadap pengetahuan konseptual pada tema selalu berhemat energi di
kelas IV SDN. 101928 Rantau Panjang Pantai Labu; (2) Peningkatan pengetahuan
konseptual dengan menggunakan model pembelajaran scientific inquiry pada tema
selalu berhemat energi di kelas IV SDN. 101928 Rantau Panjang Pantai Labu; (3)
Pengaruh model pembelajaran scientific inquiry terhadap keterampilan proses
sains (KPS) pada tema selalu berhemat energi di kelas IV SDN. 101928 Rantau
Panjang Pantai Labu; (4) Peningkatan keterampilan proses sains (KPS) dengan
model pembelajaran scientific inquiry pada tema selalu berhemat energi di kelas
IV SDN. 101928 Rantau Panjang Pantai Labu Penelitian menggunakan pretestposttest non equivalent control group design. Intrumen dalam penelitian ini yaitu
tes pengetahuan konseptual, tes keterampilan proses sains, dan lembar observasi
keterampilan proses sains. Adapun analisis data menggunakan uji-t dan gain
score. Dari hasil penelitian menunnjukkan : (1) model pembelajaran scientific
inquiry berpengaruh terhadap pengetahuan konseptual siswa, hal ini berdasarkan
nilai t
hitung (=0,000) sehingga terdapat perbedaan karena sig (2-tailed) < 0,05 dan
t
hitung bernilai positif sehingga H0 ditolak; (2) terdapat peningkatan pengetahuan
konseptual dengan menggunakan model pembelajaran scientific inquiry, hal ini
berdasarkan nilai gain score ; (3) model pembelajaran scientific inquiry
berpengaruh terhadap keterampilan proses sains, hal ini berdasarkan nilai thitung
(=0,000) sehingga terdapat perbedaan karena sig (2-tailed) < 0,05 dan thitung
bernilai positif sehingga H0 ditolak; (4) terdapat peningkatan keterampilan proses
sains dengan model pembelajaran scientific inquiry, hal ini berdasarkan gain
score

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 371.3 Rin i
Keywords: model scaintific inquiry, pengetahuan konseptual, keterampilan proses sains.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 23 Sep 2019 03:06
Last Modified: 23 Sep 2019 03:06
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36079

Actions (login required)

View Item
View Item