Ginting, Ita Novelly (2019) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN AUTENTIK ASPEK PARTICIPATION SKILLS DI KELAS IV SD NEGERI 047168 KACINAMBUN KECAMATAN TIGAPANAH T.A 2018/2019. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8166182021 Cover.pdf - Published Version
Download (41kB) | Preview
2. NIM 8166182021 Pengesahan.pdf - Published Version
Download (193kB) | Preview
3. NIM 8166182021 Abstrak.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
4. NIM 8166182021 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
5. NIM 8166182021 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (234kB) | Preview
6. NIM 8166182021 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
7. NIM 8166182021 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
8. NIM 8166182021 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
9. NIM 8166182021 Bab I.pdf - Published Version
Download (348kB) | Preview
13. NIM 8166182021 Bab V.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
14. NIM 8166182021 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (324kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan instrumen penilaian yang layak
digunakan dalam melaksanakan penilaian autentik aspek participation skills di
kelas IV SD. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian pengembangan
(research & development), yaitu suatu proses penelitian yang digunakan untuk
menghasilkan produk berupa instrumen penilaian autentik aspek participation
skills di kelas IV SD. Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah siswa dan guru
kelas IV SD Negeri 047168 Kacinambun Kecamatan Tigapanah, dan ahli validasi
sebanyak 4 orang ahli yang memiliki kriteria sebagai : (1) ahli materi PPKN, (2)
ahli Bahasa, (3) ahli Desain, dan (4) ahli Instrumen. Sebagai objek penelitian ini
adalah pengembangan instrumen penilaian autentik aspek participation skills
siswa. Berdasarkan analisis awal terhadap buku guru dan buku siswa kelas IV SD
Tema 1 Indahnya Kebersamaan dengan subtema Keberagaman Budaya dan
Bangsaku, Kebersamaan Dalam Keberagaman dan Bersyukur atas Keberagaman,
bahwa tidak ditemukan instrumen penilaian yang sesuai dengan jenis dan aspek
aspek penilaian pada setiap subtema pembelajaran. Berdasarkan perolehan skor
validasi dari masing masing ahli nilai skor pada kajian materi PPKn 84,3%
dengan kategori sangat valid, ahli Bahasa dengan skor 81,25%, dengan kategori
sangat valid, ahli Desain dengan skor 92,18% dengan kategori sangat valid, dan
ahli instrumen memperoleh skor 85% dengan kategori sangat valid serta
memperoleh skor rata rata 85,68% dengan kategori sangat valid. Pada hasil uji
coba dalam kelompok skala kecil memperoleh skor 75% dengan kategori valid,
dan uji coba dalam kelompok skala besar 1 memperoleh skor 90,6% dan uji coba
dalam kelompok skala besar 2 memperoleh skor 96,8% dengan kategori sangat
valid. Berdasarkan angket instrumen penilaian autentik aspek participation skills
yang diberikan kepada guru tidak mengalami kesulitan dalam menggunakan
instrumen penilaian tersebut, sehingga instrumen penilaian autentik aspek
participation skills sangat valid dan sangat layak dipergunakan di SD.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372 Gin p |
Keywords: | Penilaian Autentik, Aspek Participation Skills |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 19 Sep 2019 05:00 |
Last Modified: | 19 Sep 2019 05:00 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36072 |