Nuraini (2019) PENGARUH PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS EXE LEARNING DAN SIKAP ILMIAH TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI IKATAN KIMIA. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8166142008COVER.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
2. NIM. 8166142008 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (500kB) | Preview
3. NIM. 8166142008 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
4. NIM. 8166142008 PREFACE.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
5. NIM. 8166142008 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
6. NIM. 8166142008 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
7. NIM. 8166142008 TABLES.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
8. NIM. 8166142008 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (76kB) | Preview
9. NIM. 8166142008 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (317kB) | Preview
13. NIM. 8166142008 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
14. NIM. 8166142008 BIBLIOGRAFHY.pdf - Published Version
Download (232kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menunjukan; 1) perbedaan kemampuan berpikir kritis kimia
peserta didik yang diajarkan menggunakan Problem based learning dengan diajarkan
menggunakan konvensional berbasis eXe Learning; 2) Perbedaan kemampuan berpikir kritis
kimia peserta didik yang memiliki sikap ilmiah rendah dan sikap ilmiah tinggi; 3) Interaksi
antara model pembelajaran dan tingkat sikap ilmiah peserta didik dalam mempengaruhi
kemampuan berpikir kritis peserta didik. Penelitian ini di laksanakan SMA N 1 Rambah.
Sampel penelitian seluruh peserta didik kelas X MIA semester ganjil. Instrument untuk
mengukur hasil belajar kemampuan berpikir kritis peserta didik menggunakan soal pilihan
berganda dan untuk mengukur sikap ilmiah menggunakan lembar angket. Penelitian ini di
lakukan dengan metode eksperimental. Sampel penelitian yang dibagi dalam dua kelas,
dimana kelas pada kelas eksperimen dibelajarkan dengan PBL menggunakan media eXe
Learning dan pada kelas control dibelajarkan dengan konvensional menggunakan eXe
Learning. Data hasil analisis secara deskriptif dan inferensial dengan bantuan SPSS 22 pada
tingkat signifikan α = 0,05. Uji hipotesis yang digunakan adalah ANAVA dua jalur. Hasil
penelitian menunjukan bahwa; 1) Terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis kimia
peserta didik yang diajarkan menggunakan model pembelajaran Problem based learning
dengan yang diajarkan menggunakan model pembelajaran konvensional berbasis eXe
Learning; 2) Terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis kimia peserta didik yang
memiliki sikap ilmiah rendah dan sikap ilmiah tinggi; 3) Terdapat Interaksi antara model
pembelajaran dan tingkat sikap ilmiah peserta didik dalam mempengaruhi kemampuan
berpikir kritis peserta didik
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 540 Nur p |
Keywords: | Hasil Belajar; Ikatan Kimia; Pembalajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QD Chemistry Q Science > QD Chemistry > QD146 Inorganic chemistry |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 17 Sep 2019 05:36 |
Last Modified: | 17 Sep 2019 05:36 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36034 |