PENGARUH PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS EXE LEARNING DAN SIKAP ILMIAH TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI IKATAN KIMIA

Nuraini (2019) PENGARUH PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS EXE LEARNING DAN SIKAP ILMIAH TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI IKATAN KIMIA. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 8166142008COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 8166142008COVER.pdf - Published Version

Download (67kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 8166142008 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 8166142008 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (500kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 8166142008 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 8166142008 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 8166142008 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 8166142008 PREFACE.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 8166142008 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 8166142008 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 8166142008 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 8166142008 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 8166142008 TABLES.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 8166142008 TABLES.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 8166142008 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 8166142008 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (76kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 8166142008 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 8166142008 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (317kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 8166142008 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 8166142008 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 8166142008 BIBLIOGRAFHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 8166142008 BIBLIOGRAFHY.pdf - Published Version

Download (232kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menunjukan; 1) perbedaan kemampuan berpikir kritis kimia
peserta didik yang diajarkan menggunakan Problem based learning dengan diajarkan
menggunakan konvensional berbasis eXe Learning; 2) Perbedaan kemampuan berpikir kritis
kimia peserta didik yang memiliki sikap ilmiah rendah dan sikap ilmiah tinggi; 3) Interaksi
antara model pembelajaran dan tingkat sikap ilmiah peserta didik dalam mempengaruhi
kemampuan berpikir kritis peserta didik. Penelitian ini di laksanakan SMA N 1 Rambah.
Sampel penelitian seluruh peserta didik kelas X MIA semester ganjil. Instrument untuk
mengukur hasil belajar kemampuan berpikir kritis peserta didik menggunakan soal pilihan
berganda dan untuk mengukur sikap ilmiah menggunakan lembar angket. Penelitian ini di
lakukan dengan metode eksperimental. Sampel penelitian yang dibagi dalam dua kelas,
dimana kelas pada kelas eksperimen dibelajarkan dengan PBL menggunakan media eXe
Learning dan pada kelas control dibelajarkan dengan konvensional menggunakan eXe
Learning. Data hasil analisis secara deskriptif dan inferensial dengan bantuan SPSS 22 pada
tingkat signifikan α = 0,05. Uji hipotesis yang digunakan adalah ANAVA dua jalur. Hasil
penelitian menunjukan bahwa; 1) Terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis kimia
peserta didik yang diajarkan menggunakan model pembelajaran Problem based learning
dengan yang diajarkan menggunakan model pembelajaran konvensional berbasis eXe
Learning; 2) Terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis kimia peserta didik yang
memiliki sikap ilmiah rendah dan sikap ilmiah tinggi; 3) Terdapat Interaksi antara model
pembelajaran dan tingkat sikap ilmiah peserta didik dalam mempengaruhi kemampuan
berpikir kritis peserta didik

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 540 Nur p
Keywords: Hasil Belajar; Ikatan Kimia; Pembalajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QD Chemistry
Q Science > QD Chemistry > QD146 Inorganic chemistry
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 17 Sep 2019 05:36
Last Modified: 17 Sep 2019 05:36
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36034

Actions (login required)

View Item
View Item