Handika, Rian (2019) PENGEMBANGAN VIDEO INSTRUKSIONAL MODEL LATIHAN DRIBBLE LANGSUNG JUMP SHOOT PADA OLAHRAGA BOLA BASKET. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8166117016 COVER.pdf - Published Version
Download (241kB) | Preview
2. NIM. 8166117016 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (418kB) | Preview
3. NIM. 8166117016 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (349kB) | Preview
4. NIM. 8166117016 PREFACE.pdf - Published Version
Download (428kB) | Preview
5. NIM. 8166117016 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
6. NIM. 8166117016 TABLES.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
7. NIM. 8166117016 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (306kB) | Preview
8. NIM. 8166117016 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (313kB) | Preview
9. NIM. 8166117016 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (653kB) | Preview
13. NIM. 8166117016 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (332kB) | Preview
14. NIM. 8166117016 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (579kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengembangkan video instruksional model latihan dribble
langsung jump shoot pada olahraga bola basket. Jenis penelitian adalah Research
and Development. Produk yang dikembangkan berupa media video instruksional
model latihan dribble langsung jump shoot pada olahraga bola basket. Media
latihan dikemas ke dalam DVD. Subjek penelitian terdiri dari 4 orang ahli materi,
4 orang ahli media, 2 orang ahli pembelajaran, 4 orang pelatih bola basket, 25 orang
atlet untuk uji coba kelompok kecil, dan 78 orang atlet untuk uji coba lapangan.
Instrumen penelitian adalah angket dengan skala likert dan telah divalidasi. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa penilaian dari ahli materi pada tahap I diperoleh
rerata yaitu 70,00%, maka rerata nilai yang diperoleh termasuk dalam kriteria
“layak”. Pada tahap II diperoleh persentase rerata nilai 86,25% maka termasuk
dalam kriteria “sangat layak”. Dari ahli media diperoleh rerata nilai pada tahap I
sebesar 72,82% maka termasuk kriteria “layak”, dan pada tahap II diperoleh rerata
sebesar 81,88% maka termasuk kriteria “sangat layak”. Selanjutnya penilaian dari
ahli pembelajaran pada tahap I diperoleh rerata 76,25% termasuk kriteria “layak”,
pada tahap II diperoleh rerata nilai 83,75% termasuk kriteria “sangat layak”.
Kemudian penilaian dari pelatih pada tahap I diperoleh rerata 75,52% termasuk
kriteria “layak”, dan pada tahap II diperoleh rerata 85,42% termasuk kriteria
“sangat layak”. Hasil dari uji coba kelompok kecil diperoleh hasil bahwa video
instruksional termasuk “sangat layak” dengan rerata skor penilaian sebesar 87,09%,
dan dari uji coba lapangan hasilnya adalah “sangat layak” dengan rerata skor
penilaian sebesar 91,19%. Produk yang telah layak, diterapkan pada 10 atlet untuk
melihat pengaruh media latihan video instruksional terhadap kemampuan jump
shoot. Maka diperoleh peningkatan nilai atlet yang melakukan latihan
menggunakan video instruksional sebesar 0,73 termasuk kategori “tinggi” artinya
video instruksional tersebut memiliki pengaruh tinggi terhadap kemampuan jump
shoot atlet. Kesimpulan pada penelitian ini adalah penilaian kualitas produk “Video
Instruksional Model Latihan Dribble Langsung Jump Shoot” ini termasuk kriteria
“sangat layak” untuk digunakan dalam latihan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 796.323 Han p |
Keywords: | video instruksional, dribble, jump shoot, bola basket |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV1151 Shooting. Archery G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV750 Air sports: Airplane flying, kiteflying, bungee jumping, etc. G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV861 Ball games: Baseball, football, golf, etc. |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Olahraga |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 16 Sep 2019 04:21 |
Last Modified: | 16 Sep 2019 04:21 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36016 |