PENGARUH GAYA MENGAJAR DAN MINAT TERHADAP HASIL BELAJAR PASSING DALAM PERMAINAN SEPAK BOLA

Sihaan, Hamka Abdi Negara (2019) PENGARUH GAYA MENGAJAR DAN MINAT TERHADAP HASIL BELAJAR PASSING DALAM PERMAINAN SEPAK BOLA. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 8156112009 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 8156112009 COVER.pdf - Published Version

Download (104kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 8156112009 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 8156112009 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (378kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 8156112009 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 8156112009 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (214kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 8156112006 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 8156112006 PREFACE.pdf - Published Version

Download (191kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 8156112009 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 8156112009 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (65kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 8156112009 LIST OF FIGURES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 8156112009 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 8156112009 LIST OF TABLES.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 8156112009 LIST OF TABLES.pdf - Published Version

Download (144kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 8156112009 LIST OF APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 8156112009 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version

Download (116kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 8156112009 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 8156112009 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (489kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 8156112009 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 8156112009 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 8156112009 BIBLIOGRAPHY .pdf]
Preview
Text
14. NIM. 8156112009 BIBLIOGRAPHY .pdf - Published Version

Download (289kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh fakta empirik tentang
perbedaan hasil belajar passing dalam permainan sepak bola antara siswa yang
diajar dengan menggunakan gaya mengajar resiprokal dan gaya mengajar inklusi.
Penelitian ini terdiri dari dua variabel bebas (independent variable), yaitu: (1)
gaya mengajar resiprokal dan gaya mengajar inklusi sebagai variabel bebas
manipulatif, dan (2) Minat sebagai variabel bebas atribut (variabel moderator)
yang terbagi menjadi minat tinggi dan minat rendah. Sedangkan, passing dalam
permainan sepak bola dalam penelitian ini sebagai variabel terikat (dependent
variable). Desain penelitian yang digunakan adalah eksperimen by level 2 x 2
Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Galang. Tahapan penelitian ini
meliputi pengumpulan data tentang minat, penerapan perlakukan gaya mengajar,
dan pengumpulan data tentang hasil belajar passing dalam permainan sepak bola.
Adapun waktu penerapan perlakuan gaya mengajar (inklusi dan resiprokal)
dilakukan selama 4 minggu. Dengan waktu penelitian sebanyak 4 kali pertemuan.
Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Februari 2019 s/d Maret 2019. Teknik
pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan cluster sampling sehingga
diperoleh masing-masing kelompok berjumlah 10 siswa.
Hasil penelitian dalam penelitian ini adalah : 1) Berdasarkan hasil analisis
varian pada daftar lampiran, pada taraf α=0,05 maka diperoleh Fh > Ft yaitu 57,40
> 4,04. Sehingga dapat ditarik kesimpulan keseluruhan bahwa terdapat perbedaan
hasil belajar passing dalam permainan sepak bola antara gaya mengajar inklusi
dan gaya mengajar resiprokal. 2) Berdasarkan hasil analisis varian pada lampiran,
paa taraf α=0,05 maka diperoleh Fh > Ft yaitu 17,47 > 4,06. Sehingga dapat ditarik
kesimpulan keseluruhan bahwa terdapat interaksi antara gaya mengajar dengan
minat belajar terhadap hasil belajar passing dalam permainan sepak bola. 3)
Kemudian dilanjutkan dengan uji tukey pada kelompok A2B2 dan A1B2 dimana
Qh = 75 dan Qt = 2,92 dan berdasarkan hasil ini dapat ditarik kesimpulan bahwa
gaya mengajar resiprokal style lebih baik dari pada gaya mengajar inklusi
terhadap hasil belajar passing pada materi sepak bola pada kelompok siswa minat
belajar rendah. 4) Kemudian dilanjutkan dengan uji tukey pada kelompok A1B1
dan A2B1 dimana Qh = 23,33 dan Qt = 2,92 dan berdasarkan hasil ini dapat ditarik
kesimpulan bahwa gaya mengajar inklusi lebih baik dari pada resiprokal style
terhadap hasil belajar passing pada materi sepak bola pada kelompok siswa minat
belajar tinggi.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 796.334 Sia p
Keywords: Gaya Mengajar, Minat Belajar dan Sepak Bola
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV1151 Shooting. Archery
G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV861 Ball games: Baseball, football, golf, etc.
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Olahraga
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 13 Sep 2019 08:54
Last Modified: 13 Sep 2019 08:54
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36009

Actions (login required)

View Item
View Item