Wahyuni, Sri (2019) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA SMA NEGERI 1 PANCUR BATU. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8136121028 COVER.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
2. NIM 8136121028 PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (246kB) | Preview
3. NIM 8136121028 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
4. NIM 8136121028 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (158kB) | Preview
5. NIM 8136121028 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
6. NIM 8136121028 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
7. NIM 8136121028 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (191kB) | Preview
8. NIM 8136121028 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
9. NIM 8136121028 BAB I.pdf - Published Version
Download (781kB) | Preview
13. NIM 8136121028 BAB V.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
14. NIM 8136121028 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (369kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) apakah hasil belajar Geografi siswa
yang diajarkan dengan menggunakan Strategi pembelajaran discoveri lebih tinggi daripada
hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan strategi pembelajaran ekspositori,(2)
apakah hasil belajar geografi siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi lebih tinggi dari
pada hasil belajar geografi siswa yang memiliki motivsi belajar rendah, (3) apakah ada
interaksi antara strategi pembelajaran dan motivasi belajar dalam mempengaruhi hasil
belajar geografi siswa
Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Pancur Batu. Populasi penelitian ini
sebanyak 179 siswa dan Sampel penelitian ini sebanyak 71 siswa, yaitu 36 siswa diajarkan
menggunakan strategi pembelajaran Discovery, dan 35 siswa diajarkan menggunakan
strategi pembelajaran Ekspositori. Penelitian diletakkan pada kelas XI IS Semester Ganjil
Tahun Pelajaran 2018/2019. Metode penelitian dengan menggunakan quasi eksperimen
dengan desain faktorial 2 x 2, Teknik analisis data yang digunakan adalah ANAVA dua jalur
dengan taraf signifikan α = 0,05 dan dilanjutkan dengan Uji Scheffe.
Hasil penelitian menunjukkan (1) hasil belajar Geografi siswa yang diajarkan dengan
menggunakan Strategi Pembelajaran Discovery lebih tinggi bila dibandingkan dengan hasil
belajar Geografi siswa dengan menggunakan Strategi Pembelajaran Ekspositori dengan nilai
Fhitung 4,59 > Ftabel 3,94; (2) hasil belajar Geografi siswa yang memiliki Motivasi Belajar
tinggi lebih tinggi dibandingkan hasil belajar siswa yang memiliki Motivasi Belajar rendah
dengan nilai Fhitung = 6,04 > Ftabel = 3,94; (3) terdapat interaksi antara Strategi Pembelajaran
dan Motivasi Belajar dalam memengaruhi hasil belajar Geografi dengan (F hitung = 11,72 >
Ftabel = 3,94) pada taraf signifikansi 0,05.
Hasil penelitian ini menunjukkan Strategi Pembelajaran Discovery lebih baik dari
pada strategi pembelajaran Ekspositori dalam meningkatkan hasil belajar Geografi siswa.
Siswa yang memiliki Motivasi Belajar tinggi memperoleh hasil belajar Geografi lebih tinggi
daripada siswa yang memiliki Motivasi Belajar rendah.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 370.15 Wah p |
Keywords: | Strategi Discovery, Strategi Ekspositori, dan Motivasi belajar |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 12 Sep 2019 02:47 |
Last Modified: | 12 Sep 2019 02:47 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/35979 |