Pane, Hanifah Sitorus (2019) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN SIKAP ILMIAH BERBASIS PEER ASSESSMENT PADA PEMBELAJARAN TEKS CERPEN SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 KUALUH HILIR. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8166192011 COVER.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
2. NIM. 8166192011 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (614kB) | Preview
3. NIM. 8166192011 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (268kB) | Preview
4. NIM. 8166192011 PREFACE.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
5. NIM. 8166192011 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
6. NIM. 8166192011 TABLES.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
7. NIM. 8166192011 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
8. NIM. 8166192011 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (539kB) | Preview
12. NIM. 8166192011 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (350kB) | Preview
13. NIM. 8166192011 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
Abstract
Instrumen penilaian sikap yang sudah ada masih digunakan oleh guru saja,
peserta didik jarang diikutsertakan dalam melakukan penilain sikap teman
sejawat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan
instrumen penilaian sikap ilmiah berbasis peer assessment pada pembelajaran teks
cerpen; mendeskripsikan kelayakan instrumen penilaian sikap ilmiah berbasis
peer assessment pada pembelajaran teks cerpen, dan mendeskripsikan hasil
instrumen penilaian sikap ilmiah berbasis peer assessment pada pembelajaran teks
cerpen siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kualuh Hilir. Penelitian ini merujuk pada
pengembangan model 4D Thiagarajan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa:
(1) Pengembangan instrumen penilaian sikap ilmiah berbasispeer assessment
pada pembelajaran teks cerpen berdasarkan tahap pendefinisian (define), pada
tahap ini terdapat tahapan analisis awal-akhir, analisis guru, siswa, tugas dan
sebagainya. Tahap perancangan (design), tahapan ini melakukan serangkaian
proses perancangan instrumen yaitu materi dan komponen penyajian. (2)
Kelayakan instrumen penilaian sikap ilmiah berbasis peer assessment pada
pembelajaran teks cerpen siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kualuh hilir. Pada tahap
pengembangan (develop) ini dilakukan pengembangan instrumen penialain sikap
ilmiah berbasis peer assessment pada pembelajaran teks cerpen dengan divalidasi
oleh ahli materi dan ahli evaluasi serta diikuti dengan revisi dan saran dari ahli
sehingga layak untuk digunakan. Persentase rata-rata validasi ahli materi adalah
89,1% dengan kriteria “sangat valid”, persentase rata-rata validasi ahli evaluasi
adalah 87,5% dengan kriteria “sangat valid”. (3) Hasil instrumen penilaian sikap
ilmiah berbasi peer assessment pada pembelajaran teks cerpen dilakukan dengan
uji pretes dan postes. Dari tabel distribusi untuk = 0.05 dan n= 34 dengan
demikian t hitung > t tabel maka tolak dan terima artinya terdapat
efektivitas instrumen penilaian sikap ilmiah berbasis peer assement pada
pembelajaran teks cerpen siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 410.711 Pan p |
Keywords: | instrumen penilaian, sikap ilmiah, peer assessment, teks cerpen. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > PR English literature > PR500 Poetry |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 10 Sep 2019 08:20 |
Last Modified: | 10 Sep 2019 08:20 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/35965 |