Nurjanah, Ika (2019) PENGARUH PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN DAN MINAT BACA TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PARAGRAF ARGUMENTASI SISWA KELAS X MAS TAMAN PENDIDIKAN ISLAM TAHUN PELAJARAN 2017- 2018. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8146192011 COVER.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
2. NIM 8146192011 PNGESAHAN.pdf - Published Version
Download (354kB) | Preview
3. NIM 8146192011 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
4. NIM 8146192011 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (279kB) | Preview
5. NIM 8146192011 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
6. NIM 8146192011 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (233kB) | Preview
7. NIM 8146192011 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
8. NIM 8146192011 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
9. NIM 8146192011 BAB I.pdf - Published Version
Download (531kB) | Preview
13. NIM 8146192011 BAB V.pdf - Published Version
Download (249kB) | Preview
14. NIM 8146192011 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (338kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Kemampuan menulis paragraf
argumentasi siswa yang diajar dengan metode pembelajaran debat lebih tinggi
dari siswa yang diajar dengan metode pembelajaran quantum writing, (2)
Kemampuan menulis paragraf argumentasi siswa yang memiliki minat baca
tinggi akan lebih tinggi dari siswa yang memiliki minat baca rendah, (3) Ada
interaksi antara metode pembelajaran dengan minat baca siswa terhadap
kemampuan menulis paragraf argumentasi siswa. Penelitian ini menggunakan
pendekatan kuantitatif jenis penelitian pree test post test eksperimen dengan
desain faktorial 2x2. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X MAS.
Taman Pendidikan Islam Tahun Ajaran 2017/2018 yang terdiri dari 3 kelas
dengan jumlah keseluruhan sebanyak 90 siswa. Kelas yang dijadikan sampel
kelompok eksperimen adalah kelas X1 berjumlah 30 siswa dan kelas kontrol
adalah kelas X2 berjumlah 30 siswa. Pemilihan sampel dilakukan dengan
teknik cluster sampling. Data dikumpulkan dengan tes hasil belajar dalam
bentuk teks dan angket untuk minat baca. Data yang terkumpul diolah secara
statistik dengan menggunakan teknik analisis varians (anava) dua jalur dengan
mengunakan taraf signifikansi 0,05.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1)
Kemampuan menulis paragraf argumentasi siswa yang diajar dengan metode
pembelajaran debat memperoleh nilai tertinggi 90 dan rata-rata 81,57,
sedangkan siswa yang diajar dengan metode pembelajaran quantum writing,
memperoleh nilai tertinggi 90 dan rata-rata 78, 80. (2) Siswa yang memiliki
minat baca tinggi memperoleh nilai tertinggi 115 dan rata-rata 105,
sedangakan siswa yang memiliki minat baca rendah memperoleh nilai tertinggi
84 dan rata-rata 71,2, (3) Terjadi interaks iantara metode pembelajaran dengan
minat baca terhadap Kemampuan menulis paragraf argumentasi siswa yang
dibuktikan dengan perolehan nilai fh = 13,53 > ft = 4,02
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 418.4 Nur p |
Keywords: | Metode Pembelajaran, Minat Baca, Menulis Paragraf Argumentasi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LT Textbooks P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 10 Sep 2019 08:09 |
Last Modified: | 10 Sep 2019 08:09 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/35963 |