Melisa (2019) PENYEDIAAN BUKU PENUNTUN PRAKTIKUM IPA TERPADU SMP BERBASIS INKUIRI TERBIMBING TERINTEGRASI PENDIDIKAN KARAKTER. Masters thesis, UNIMED.
1 NIM. 8156142027 COVER.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
2 NIM. 8156142027 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (404kB) | Preview
3 NIM. 8156142027 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
4 NIM. 8156142027 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
5 NIM. 8156142027 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
6 NIM. 8156142027 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
7 NIM. 8156142027 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
8 NIM. 8156142027 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
9 NIM. 8156142027 BAB I.pdf - Published Version
Download (379kB) | Preview
13 NIM. 8156142027 BAB V.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
14 NIM. 8156142027 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (314kB) | Preview
Abstract
Kegiatan praktikum IPA Terpadu di SMP Al-Azhar masih menggunakan panduan
praktikum bersifat konvensional berupa LKS, sehingga peserta didik selalu
bertanya kepada guru dalam melaksanakan setiap prosedur praktikum. Hal ini
yang menyebabkan minat dan keingintahuan siswa dalam menguasai konsep
masih rendah, sehingga berdampak pada rendahnya hasil belajar dan minimnya
keterampilan peserta didik dalam kegiatan praktikum. Penelitian ini bertujuan
untuk memperoleh buku penuntun praktikum IPA Terpadu SMP berbasis inkuiri
terbimbing terintegrasi pendidikan karakter. Penelitian ini merupakan penelitian
pengembangan (research and development) dan eksperimen. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Al-Azhar Medan. Instrumen
yang digunakan adalah angket kelayakan berdasarkan BSNP, angket kelayakan
berdasarkan kesesuaian dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing,
instrument tes kognitif, lembar observasi karakter, lembar observasi keterampilan
dan angket motivasi. Data penelitian ini dianalisis dengan menggunakan uji
independent sample T-Test dengan SPSS 21 for windows pada signifikansi 0,05
dan t
hitung > ttabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: panduan praktikum LKS
IPA Terpadu masih terdapat kekurangan sehingga perlu dilakukan pengembangan,
buku penuntun praktikum yang telah dikembangkan pada pembelajaran IPA
Terpadu kelas VII semester II telah layak berdasarkan BSNP dan telah sesuai
dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing terintegrasi pendidikan karakter,
keterampilan peserta didik dan karakter peserta didik lebih berkembang
dibandingkan dengan peserta didik menggunakan panduan praktikum LKS
praktikum LKS, motivasi belajar peserta didik lebih termotivasi dibandingkan
dengan peserta didik menggunakan panduan praktikum LKS, hasil belajar peserta
didik lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar peserta didik menggunakan
panduan praktikum LKS dan terdapat hubungan yang signifikan antara
keterampilan dengan peningkatan hasil belajar peserta didik.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 542.1 Mel p |
Keywords: | penuntun praktikum, IPA Terpadu, inkuiri terbimbing |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building Q Science > Q Science (General) Q Science > QD Chemistry |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 03 Sep 2019 04:00 |
Last Modified: | 03 Sep 2019 04:00 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/35931 |