UNSPECIFIED PENGEMBANGAN LKPD SUBTEMA AKU ISTIMEWA BERBASIS KARAKTER UNTUK SISWA KELAS I SD NEGERI 060911 MENTENG MEDAN TAHUN AJARAN 2018/2019. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8166181030 Cover.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
2. NIM 8166181030 Pengesahan.pdf - Published Version
Download (250kB) | Preview
3. NIM 8166181030 Abstrak.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
4. NIM 8166181030 Kata pengantar.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
5. NIM 8166181030 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
6. NIM 8166181030 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7. NIM 8166181030 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
8. NIM 8166181030 Daftar lampiran.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
9. NIM 8166181030 Bab I.pdf - Published Version
Download (801kB) | Preview
13. NIM 8166181030 Bab V.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
14. NIM 8166181030 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilakukan atas dasar pentingnya pembentukan karakter di tingkat
SD. Upaya yang dilakukan dengan memberikan Lembar Kerja Peserta Didik
(LKPD) yang sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik kelas rendah.
Hasil akhir diharapkan bahwa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dapat
memberikan efek positif terhadap pembentukan karakter siswa. Tujuan dari
penelitian ini adalah untuk menghasilkan lembar kerja peserta didik berbasis pada
subtema 4 aku istimewa di kelas I SD Negeri 060911 Medan Menteng. Jenis
penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan dengan menggunakan
pengembangan 4-D (Develepment Research). Model pengembangan research and
developmen dengan tahapan (1) tahap define yaitu pendefenisian (2) tahap design
yaitu perencanaan (3) tahap develop yakni pengembangan, dan (4) tahap
diddeminate yaitu penyebaran. Hasil penelitian menunjukkan: data tentang
kualitas produk pengembangan ini dikumpulkan dengan hasil observasi dan
kuesioner. Data-data dikumpulkan dianalisis dengan teknik analisis deskriptif
kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) Validasi ahli materi pada
penilaian kelayakan materi berada pada kriteria sangat baik (96,60%); (2) Validasi
desain pembelajaran berada pada kriteria sangat baik (95,75%);(3) Validasi
bahasa berada pada kriteria sangat baik (85,60%). Tingkat Kepraktisan bahan ajar
disimpulkan berdasarkan respon guru dan respon peserta didik ; (i) Respon
peserta didik kelas 1-A terhadap LKPD berbasis karakter pada uji coba tahap field
test sebesar 100% dan kelas 1-B 99% peserta didik menyatakan bahan ajar
tersebut praktis, (ii) Respon guru terhadap LKPD berbasis proyek karakter pada
uji coba mencapai rata-rata 100% termasuk kedalam kategori praktis. Demikian
pula dengan uji efektifitas produk terdapat perbedaan hasilbelajar siswa yang
menggunakan LKPD berbasis karakter dapat disimpulkan berdasarkan pada hasil
post-test peserta didik padatahap field tests prosentase ketuntasan klasikal sebesar
100% dengan 28 peserta didik atau 99% dinyatakan tuntas utnuk kelas 1-A dan 1-
B dan tidak ada peserta didik yang tidak tuntas dalam penilaian. Penilaian hasil
belajar peserta didik berdasarkan pretest dan posttest dianalisis dengan
peningkatan nilai pada kelas 1-A yaitu 46,24% menjadi 100% dan kelas 1-B yaitu
64,28% menjadi 100%.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.071 Has p |
Keywords: | LKPD, karakter; Pendidikan; Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LC Special aspects of education > LC1099 Multicultural education L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 02 Sep 2019 08:28 |
Last Modified: | 03 Sep 2019 01:36 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/35916 |