Umara, Yudi (2019) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 GEBANG. Masters thesis, UNIMED.
1. COVER.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
2. PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (267kB) | Preview
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (200kB) | Preview
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
6. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
7. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (222kB) | Preview
8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
9. BAB I.pdf - Published Version
Download (791kB) | Preview
13. BAB V.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (506kB) | Preview
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (506kB) | Preview
Abstract
Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan tujuan untuk
menghasilkan perangkat pembelajaran dalam penerapan Contextual Teaching and
Learning yang valid dan efektif, beserta seluruh instrumen penelitian yang terkait
dengan penerapan perangkat tersebut dalam pembelajaran matematika pada materi
pokok Perbandingan di kelas VII SMP/MTs. Penelitian ini mengacu pada model
pengembangan perangkat pembelajaran menurut Dick and Carey. Model ini
terdiri dari beberapa tahapan yakni: melakukan analisis kebutuhan siswa,
perencanaan, mendesain pengembangan, menyusun tes acuan berdasarkan tujuan
pembelajaran, pengembangan perangkat pembelajaran, validasi ahli, revisi, uji
coba produk akhir. Rancangan dalam uji coba menggunakan design Pre-test and
Post-test pada setiap uji coba. Temuan hasil penelitian yakni: 1) perangkat
pembelajaran yang dihasilkan, berupa: Lembar Kerja Siswa (LKS) dan tes
kemampuan pemecahan masalah telah memenuhi kriteria baik/valid; 2)
keefektifan perangkat pembelajaran disimpulkan berdasarkan pada: (i) ketuntasan
belajar siswa secara klasikal sebesar 88%, (ii) ketercapaian aktivitas aktif siswa
dengan kategori baik; iii) pengelolaan guru dalam pembelajaran sangat baik, dan
(iv) respons positif siswa terhadap komponen dan kegiatan pembelajaran pada uji
coba I (sekala kecil) sebesar 89,1% dan pada uji coba II (sekala besar) sebesar
85%.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.7 Uma p |
Keywords: | Pengembangan Perangkat Pembelajaran, Contextual Teaching and Learning, Kemampuan Pemecahan Masalah. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 02 Sep 2019 08:21 |
Last Modified: | 02 Sep 2019 08:21 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/35915 |