hasibuan, Ainul Marhamah (2019) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAHMATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMP NEGERI 5 PADANGSIDIMPUAN. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8166171002 COVER.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
2. NIM 8166171002 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (954kB) | Preview
3. NIM 8166171002 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
4. NIM 8166171002 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (274kB) | Preview
5. NIM 8166171002 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (310kB) | Preview
6. NIM 8166171002 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
7. NIM 8166171002 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
8. NIM 8166171002 BAB 1.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
12. NIM 8166171002 BAB 5.pdf - Published Version
Download (315kB) | Preview
13. NIM 8166171002 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (633kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) validitas perangkat
pembelajaran berbasis PMR yang dikembangkan 2) kepraktisan perangkat
pembelajaran berbasis PMR yang dikembangkan; 3) efektivitas perangkat
pembelajaran berbasis PMR yang dikembangkan; 4) peningkatan kemampuan
pemecahan masalah siswa dengan menggunakan perangkat pembelajaran berbasis
PMR yang dikembangkan; 5) peningkatan kemandirian belajar siswa dengan
menggunakan perangkat pembelajaran berbasis PMR yang dikembangkan; 6)
proses jawaban siswa dalam menyelesaikan soal-soal kemampuan pemecahan
masalah. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Penelitian ini dilakukan
melalui dua tahap, yakni tahap pertama pengembangan perangkat pembelajaran
PMR masalah menggunakan model pengembangan 4-D, dan tahap kedua
mengujicobakan perangkat pembelajaran berbasis PMR yang dikembangkan di
kelas VII-3 dan kelas VII-4 untuk melihat efektivitasnya. Dari hasil uji coba I dan
uji coba II diperoleh: 1) perangkat pembelajaran berbasis PMR yang
dikembangkan valid dengan rata-rata total validitas RPP = 4,46, buku siswa =
4,41, buku guru = 4,38, LAS = 4,31; 2) perangkat pembelajaran berbasis PMR
yang dikembangkan praktis ditinjau dari a) penilaian ahli/praktis dapat digunakan
dengan sedikit revisi; dan b) keterlaksanaan perangkat yaitu pada uji coba I
dengan rata-rata sebesar 85% dan meningkat pada uji coba II sebesar 91,25%. 3)
perangkat pembelajaran berbasis PMR yang dikembangkan efektif, ditinjau dari a)
ketuntasan belajar siswa secara klasikal pada uji coba I 62% meningkat pada uji
coba II telah tercapai 92%.; dan b) respon siswa terhadap komponen-komponen
pembelajaran positif; 4) terdapat peningkatan kemampuan pemecahan masalah
matematis siswa dengan menggunakan perangkat pembelajaran berbasis PMR
yang dikembangkan pada uji coba I memperoleh rata-rata nilai posttest 72%, dan
meningkat pada uji coba II dengan rata-rata nilai posttest 92%; 5) terdapat
peningkatan kemandirian belajar siswa dengan menggunakan perangkat
pembelajaran berbasis PMR yang dikembangkan pada uji coba I memperoleh nilai
rata-rata 65,69 dan meningkat pada uji coba II dengan memperoleh nilai rata-rata
71,37; 6) proses jawaban siswa pada uji coba II lebih baik dari uji coba I.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.71 Has p |
Keywords: | pengembangan perangkat pembelajaran, model 4-D, pembelajaran berbasis PMR, pemecahan masalah, kemandirian belajar. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics Q Science > QA Mathematics > QA801 Analytic mechanics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 02 Sep 2019 04:40 |
Last Modified: | 02 Sep 2019 04:40 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/35899 |