Manalu, Rismalyah (2019) PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA MELALUI PENDEKATAN SCIENTIFIC DAN PENDEKATAN SCIENTIFIC BERBANTUAN SOFTWARE AUTOGRAPH. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8166172053 COVER (JUDUL).pdf - Published Version
Download (385kB) | Preview
2. NIM. 8166172053 APPROVAL SHEET (LEMBAR PENGESAHAN, LEMBAR PERSETUJUAN DAN SURAT TIDAK PLAGIAT).pdf - Published Version
Download (514kB) | Preview
3. NIM.8166172053 ABSTRACT (ABSTRAK).pdf - Published Version
Download (273kB) | Preview
4. NIM. 8166172053 PREFACE (KATA PENGANTAR).pdf - Published Version
Download (413kB) | Preview
5. NIM. 8166172053 TABLE OF CONTENT (DAFTAR ISI).pdf - Published Version
Download (310kB) | Preview
6. NIM. 8166172053 TABLES (DAFTAR TABEL).pdf - Published Version
Download (270kB) | Preview
7. NIM. 8166172053 ILLUSTRATION (DAFTAR GAMBAR).pdf - Published Version
Download (224kB) | Preview
8. NIM. 8166172053 CHAPTER I (BAB I).pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
12. Nim.8166172053 CHAPTER V (BAB V).pdf - Published Version
Download (362kB) | Preview
13. NIM. 8166172053 BIBLIOGRAPHY (DAFTAR PUSTAKA).pdf - Published Version
Download (837kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan: (1) Menguji secara statistik dan menganalisis ada atau tidak
perbedaan nyata mengenai efek dari pendekatan scientific berbantuan software Autograph
dan pendekatan scientific terhadap kemampuan pemecahan matematis siswa. 2) Menguji
secara statistik dan menganalisis ada atau tidak perbedaan nyata mengenai efek dari
pendekatan scientific berbantuan software Autograph dan pendekatan scientific terhadap
kemandirian belajar siswa.(3) Menguji secara statistik dan menganalisis ada atau tidak
efek interaksi antara pendekatan pembelajaran (scientific berbantuan software Autograph,
scientific,) dan kemampuan awal matematis (KAM) terhadap kemampuan pemecahan
matematis siswa. (4) Menguji secara statistik dan menganalisis ada atau tidak efek
interaksi antara pendekatan pembelajaran (scientific berbantuan software Autograph,
scientific) dan kemampuan awal matematis (KAM) terhadap kemandirian belajar siswa.
Adapun populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Medan dengan
jumlah 464 orang yang telah didistribusikan menjadi 13 kelas paralel, sedangkan sampel
penelitian adalah siswa kelas X MIA-5 sebagai Kelas Eksperimen-1 dan kelas X MIA-6
sebagai Kelas Eksperimen-2 sebanyak 68 orang. Instrumen yang digunakan terdiri dari:
tes KAM, tes kemampuan pemecahan masalah matematis dan angket kemandirian
belajar. Analisis data dilakukan dengan uji Analisis Varian Dua Jalur (ANAVA). Hasil
penelitian yaitu: (1) Terdapat perbedaan nyata kemampuan pemecahan masalah
matematis siswa yang diberi pendekatan scientific berbantuan software Autograph dan
pendekatan scientific dengan efek pengaruhnya sebesar 0,4023. Adapun perolehan ratarata kemampuan pemecahan masalah matematis yang diajarkan dengan pendekatan
scientific berbantuan software Autograph adalah 79,78 sedangkan rata-rata kelompok
yang diajarkan dengan pendekatan scientific adalah sebesar 78,31 artinya kemampuan
pemecahan masalah siswa dengan pendekatan scientific berbantuan software Autograph
lebih tinggi dari pendekatan scientific, (2) Terdapat perbedaan nyata antara kemandirian
belajar siswa yang memperoleh pendekatan scientific berbantuan software Autograph
dengan siswa yang memperoleh pendekatan scientific. Adapun besar efek pengaruh
pendekatan pembelajaran = 0,0674 berarti pendekatan pembelajaran dapat menjelaskan
6,74% variansi skor kemandirian belajar siswa, (3)Tidak terdapat interaksi faktor
pendekatan pembelajaran dan faktor KAM terhadap kemampuan pemecahan masalah
matematis. Adapun besar pengaruh tidak terdapat interaksi antara pendekatan
pembelajaran dan KAM = 0,0587, yang berarti tidak terdapat interaksi pendekatan
pembelajaran dan KAM dapat menjelaskan 5,87% variasi skor kemampuan pemecahan
masalah matematis siswa, (4) Tidak terdapat interaksi faktor pendekatan pembelajaran
dan faktor KAM terhadap kemandirian belajar siswa. Adapun besar pengaruh tidak
terdapat interaksi antara pendekatan pembelajaran dan KAM = 0,0457 berarti tidak
terdapat interaksi pendekatan pembelajaran dan KAM dapat menjelaskan 4,57% variasi
skor kemandirian belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menyarankan guru
matematika memadukan media belajar sesuai materi persamaan dan pertidaksamaan
linear satu variabel dengan memperhatikan sintak pendekatan scientific berbantuan
software Autograph sesuai tuntutan indikator kurikulum 2013.
ii
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.71 Ris p |
Keywords: | Scientific; Hasil Belajar; Autograph; Teori Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QA Mathematics Q Science > QA Mathematics > QA75.5 Electronic computers. Computer science Q Science > QA Mathematics > QA801 Analytic mechanics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 02 Sep 2019 04:03 |
Last Modified: | 02 Sep 2019 04:03 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/35895 |