Saragih, Jon Riahman (2012) OPTIMALISASI MODEL PEMBELAJARAN DALAM UPAYA PEMBENTUKAN KARAKTER DAN PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI HIDROKARBON. Masters thesis, UNIMED.
8106142009 COVER.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
8106142009 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (222kB) | Preview
8106142009 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
8106142009 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
8106142009 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (81kB) | Preview
8106142009 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (102kB) | Preview
8106142009 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (99kB) | Preview
8106142009 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (103kB) | Preview
8106142009 BAB I.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
8106142009 BAB V.pdf - Published Version
Download (73kB) | Preview
8106142009 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (122kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model pembelajaran yang dapat menumbuhkembangkan sikap kemandirian, kreativitas, kejujuran dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Populasi dan sampel dalam penelitian terdiri dari empat kelas eksperimen. Kelas eksperimen pertama (E1) diajar dengan strategi pembelajaran berbasis masalah yang diintegrasikan dengan multimedia berbasis komputer. Kelas eksperimen kedua (E2) diajar dengan strategi pembelajaran berbasis masalah yang di integrasikan dengan molymod. Kelas eksperimen ketiga (E3) diajar dengan strategi pembelajaran langsung (direct instruction) di integrasikan dengan Multimedia berbasis komputer. Kelas eksperimen keempat (E4) diajar dengan strategi pembelajaran langsung (direct instruction) di integrasikan dengan molymod. Hasil belajar siswa diukur dengan instrumen hasil belajar, sedangkan pengukuran tumbuhkembangnya sikap kemandirian, kreativitas dan kejujuran siswa digunakan lembar observasi. Tekhnik analisis data menggunakan Anava dua jalur pada taraf signifikansi ∝=0,05. Hipotesis diuji dengan menggunakan General Linear Model Multivariate dengan program SPSS versi-19. Hasil penelitan menunjukkan bahwa : (1) Terdapat pengaruh yang signifikan dari strategi pembelajaran terhadap tumbuh berkembangnya sikap kejujuran, kreatifitas, dan kemandirian siswa pada materi hidrokarbon, (2) Terdapat pengaruh yang signifikan dari strategi pembelajaran terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada materi hidrokarbon, (3) Terdapat pengaruh yang signifikan dari media pembelajaran terhadap tumbuh berkembangnya sikap kreatifitas dan kemandirian siswa pada materi hidrokarbon, (4) Terdapat pengaruh yang signifikan dari media pembelajaran terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada materi hidrokarbon, (5) Tidak terdapat pengaruh yang signifikan dari media pembelajaran terhadap tumbuh berkembangnya sikap kejujuran dan kreatifitas siswa pada materi hidrokarbon, (6) Terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dengan media pembelajaran terhadap tumbuh berkembangnya sikap kreatifitas dan kemandirian siswa pada materi hidrokarbon, (7) Terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dengan media pembelajaran terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada materi hidrokarbon, (8) Tidak terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dengan media pembelajaran terhadap tumbuh berkembangnya sikap kejujuran siswa pada materi hidrokarbon, dan (9) Model pembelajaran yang paling optimal yang dapat menumbuhkembangkan sikap kejujuran, kreatifitas, dan kemandirian serta peningkatan hasil belajar siswa pada materi hidrokarbon adalah pembelajaran berbasis masalah yang diintegrasikan dengan multimedia berbasis komputer.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 541 Sar o |
Keywords: | Model pembelajaran; Pendidikan karakter; Belajar; senyawa hidrokarbon; Kejujuran; Kreativitas; Multimedia |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | astina hartono lubis |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 31 Jan 2017 03:08 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3555 |