Hasibuan, Lily Rohanita (2012) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN KEMAMPUAN BERPIKIR ABSTRAK TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMA NEGERI RANTAU PRAPAT KABUPATEN LABUHANBATU. Masters thesis, UNIMED.
081188210039 COVER.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
081188210039 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
081188210039 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
081188210039 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (105kB) | Preview
081188210039 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (43kB) | Preview
081188210039 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
081188210039 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
081188210039 BAB I.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
081188210039 BAB V.pdf - Published Version
Download (42kB) | Preview
081188210039 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) perbedaan hasil belajar matematika antara siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran inkuiri dibandingkan dengan siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran ekspositori; 2) perbedaan hasil belajar matematika antara siswa yang memiliki kemampuan berpikir abstrak tinggi dibandingkan dengan siswa yang memiliki kemampuan berpikir abstrak rendah; dan 3) interaksi antara strategi pembelajaran dengan kemampuan berpikir abstrak dalam mempengaruhi hasil belajar matematika. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen. Poluasi penelitian adalah siswa SMA Negeri 2 Rantau Utara dan SMA Negeri 2 Rantau Selatan Kabupaten Labuhan Batu. Teknik pengambilan sampel digunakan cluster random sampling. Sampel penelitian adalah siswa kelas X sebanyak 4 kelas terdiri dari 2 kelas eksperimen pertama yang diajarkan strategi pembelajaran inkuiri dan 2 kelas eksperimen kedua yang diajarkan dengan strategi pembelajaran ekspositori. Untuk mengumpulkan data hasil belajar matematika dikembangkan tes hasil belajar matematika sebanyak 55 butir. Setelah dilakukan ujicoba diperoleh sebanyak 43 butir tes hasil belajar matematika yang memehuhi syarat untuk dipakai ditinjau dari analisis butir, validitas dan reliabilitas tes. Dari hasil ujicoba diperoleh koefisien reliabilitas sebesar 0,900. Untuk mengukur kemampuan berpikir abstrak digunakan tes Differential Aptitude Test (DAT) yang sepenuhnya diukur oleh psikolog. Teknik analisis data yang digunakan adalah Anava dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran inkuiri (rata-rata 80,23) lebih tinggi dibandingkan hasil belajar siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran ekspositori (rata-rata 71,33); kemudian hasil belajar matematika siswa yang memiliki kemampuan berpikir abstrak tinggi (rata-rata 80,20) lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang memiliki kemampuan berpikir abstrak rendah (rata-rata 71,35). Selanjutnya penelitian menemukan bahwa tidak terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan kemampuan berpikir abstrak tehadap hasil belajar matematika siswa. Sebagai tindak lanjut dari hasil penelitian ini diharapkan kepada guru matematika untuk lebih inovatif dan kreatif dalam memilih strategi pembelajaran dan diharapkan untuk dapat menerapkan strategi pembelajaran inkuiri untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.3 Has p |
Keywords: | Belajar; Matematika; Strategi pembelajaran; Pembelajaran ekspositori; Pembelajaran inkuiri; Berpikir abstrak |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | astina hartono lubis |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 30 Jan 2017 08:47 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3554 |