BERUTU, JEPPOMEN (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MODEL ROLE PLAING UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATERI PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI PECAHAN SEDERHANA DI KELAS III SD NO 037997 KAB. PAKPAK BHARAT T/P 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. COVER.pdf - Published Version
Download (44kB) | Preview
2. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version
Download (817kB) | Preview
3. RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
4. ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
5. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
6. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
7. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
8. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
9. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
10. BAB I.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
15. BAB V.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
16. DAFTAR PUSTAKAKA.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana minat belajar siswa dengan menerapkan peembelajaran model role playing pada materi pokok pecahan sederhana. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek
penelitian adalah adalah seluruh siswa kelas III SD No. 037997 Kab. Pakpak Bharat T.P 2017/2018. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini ada dua, yaitu:1) Tes hasil belajardalam bentuk pilihan ganda dengan jumlah 10 soal yang telah dinyatakan valid oleh validator dan 2) Lembar observasi minat, aktivitas belajar guru dan siswa.Keberhasilan penelitian jika terdapat 75% siswa mencapai minat belajar minimal tinggi.
Data penelitian menunjukkan bahwa dengan penerapan model
pembelajaran role playing dalam pembelajaran matematika di kelas III SD No 037997 Sigalanggang, Kecamatan Pergetteng-Getteng Sengkut, Kabupaten Pakpak Bharat Tahun Pelajaran 2017/2018 dapat meningkatkan minat belajar
siswa. Peningkatan minat dan hasil belajar matematika terjadi karena selama pembelajaran diterapkan model pembelajaran role playing, dengan meningkatnya minat belajar siswa ternyata berkaiatand engan rata-rata hasil belajar siswa kelas III.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 PGSD 399 |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics > QA101 Elementary mathematics. Arithmetic |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 11 Apr 2019 15:59 |
Last Modified: | 23 Jul 2020 22:39 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/35175 |