Br. SARAGIH, MEYLINDA LELIANA (2018) PENGARUH KEAKTIFAN BERORGANISASI DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP INDEKS PRESTASI KUMULATIF MAHASISWA BIDIKMISI FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 7142141057 COVER.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
2. NIM 7142141057 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
3. NIM 7142141057 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (70kB) | Preview
4. NIM 7142141057 PREFACE.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
5. NIM 7142141057 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (274kB) | Preview
6. NIM 7142141057 TABLE.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
7. NIM 7142141057 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
8. NIM 7142141057 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
9. NIM 7142141057 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (316kB) | Preview
13. NIM 7142141057 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
14. NIM 7142141057 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (154kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Pengaruh Keaktifan
Berorganisasi Terhadap Perolehan Indeks Prestasi Kumulatif Mahasiswa
Bidikmisi, 2) Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Perolehan Indeks Prestasi
Kumulatif Mahasiswa Bidikmisi, 3) Pengaruh Keaktifan Berorganisasi dan
Kemandirian Belajar terhadap Indeks Prestasi Kumulatif Mahasiswa Bidikmisi
Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan. Sampel dalam penelitian ini
sebanyak 125 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Stratified
Sample dan Sampling Insidental.
Penelitian ini adalah penelitian Expost Facto, dimana untuk mendapatkan
data penelitian digunakan angket, obsevasi dan dokumentasi. Berdasarkan uji
hipotesis secara parsial (uji-t) diperoleh hasil bahwa variabel keaktifan
berorganisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap indeks prestasi
kumulatif mahasiswa bidikmisi yang ditunjukkan nilai thitung > ttabel (7,977 >
1,9796) dan variabel kemandirian belajar berpengaruh positif dan signifikan
terhadap indeks prestasi kumulatif mahasiswa bidikmisi yang ditunjukkan nilai
thitung > ttabel (4,268 > 1,9796). Sedangkan dengan uji hipotesis secara simultan (ujif)
diperoleh hasil bahwa keaktifan berorganisasi dan kemandirian belajar secara
bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap indeks prestasi
kumulatif mahasiswa bidikmisi yang ditunjukkan nilai Fhitung > Ftabel (94,208 >
3,07). Berdasarkan uji koefisien determinasi, diperoleh nilai R2 sebesar 0,607 yang
artinya keaktifan berorganisasi dan kemandirian belajar sebesar 60,7% dapat
menjelaskan indeks prestasi kumulatif mahasiswa bidikmisi dan sisanya dijelaskan
oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada pengaruh positif dan signifikan
Keaktifan Berorganisasi dan Kemandirian Belajar Prestasi Kumulatif Mahasiswa
Bidikmisi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 EKO 018 |
Keywords: | Keaktifan Berorganisasi, Kemandirian Belajar, IPK |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 11 Apr 2019 15:33 |
Last Modified: | 26 Jul 2019 04:45 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/35142 |