BR PASARIBU, TIO LORENZA (2018) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MEMBACA PERMULAAN SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE STRUKTURAL ANALITIK SINTETIK (SAS) TEMA LINGKUNGAN KELAS 1 SDN 101800 DELI TUA KEC. DELI TUA KAB. DELI SERDANG T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1143111063_COVER.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
2. NIM. 1143111063_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
3. NIM. 1143111063_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
4. NIM. 1143111063_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (184kB) | Preview
5. NIM. 1143111063_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
6. NIM. 1143111063_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
7. NIM. 1143111063_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM. 1143111063_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
9. NIM. 1143111063_BAB I.pdf - Published Version
Download (392kB) | Preview
13. NIM. 1143111063_BAB V.pdf - Published Version
Download (281kB) | Preview
14. NIM. 1143111063_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar membaca
permulaan siswa dengan menggunakan metode Struktural Analitik Sintetik (SAS)
tema Lingkungan kelas I SDN 101800 Deli Tua Kec. Deli Tua, Kab. Deli Serdang
T.A 2017/2018.
Penelitian ini menggunakan desain PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Subjek
dalam penelitian siswa kelas I SD Negeri 101800 Deli Tua tahun ajaran 2017/2018
yang berjumlah 33 orang siswa terdiri dari 19 orang siswa laki-laki dan 14 orang
siswa perempuan. Pelaksanaan tindakan dilakukan selama 2 siklus dimana setiap
siklus dua kali pertemuan. Jadi, dalam 2 siklus ada 4 kali pertemuan. Dalam setiap
siklus dilakukan 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi.
Instrumen yang digunakan dalam penelitian yaitu tes hasil belajar siswa membaca
permulaan dan lembar observasi.
Berdasarkan hasil pre test (tes awal) yang berjumlah 33 orang siswa masih
banyak siswa yang memiliki hasil belajar di bawah KKM yaitu dibawah 65 dengan
nilai rata-rata 57,7 terdapat 9 orang yang tuntas sebesar 27,3% dan 24 orang siswa
yang tidak tuntas dengan presentase ketuntasan 72,7%, sehingga secara individual
maupun secara klasikal kemampuan awal (pre test) siswa masih tergolong rendah.
Dari perolehan hasil pre test tersebut peneliti menindaklanjuti dan melanjutkan ke
post test pada siklus I. Pada post test siklus I nilai siswa mulai meningkat dengan nilai
rata-rata 70,12 dimana terdapat 19 orang siswa yang tuntas secara klasikal yaitu
57,6% dan 14 orang siswa yang tidak tuntas dengan presentase ketuntasan 42,4%.
Namun berdasarkan kriteria penentuan tingkat keberhasilan dapat diketahui bahwa
hasil belajar siswa berdasarkan tingkat keberhasilan secara klasikal masih tergolong
belum berhasil. Peneliti melanjutkan ke post test siklus II, dimana terdapat 30 orang
siswa yang tuntas dengan hasil ketuntasan klasikal sebesar 91% dan 3 orang siswa
yang tidak tuntas dengan presentase ketuntasan sebesar 9%. Hasil dari post test siklus
II membuktikan bahwa hasil belajar siswa secara klasikal pada siklus II telah
meningkat dan berhasil karena telah mencapai 75% dengan perolehan nilai rata-rata
81,1.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode
Struktural Analitik Sintetik (SAS) dapat meningkatkan hasil belajar membaca
permulaan siswa tema Lingkungan kelas I SDN 101800 Deli Tua Kec. Deli Tua, Kab.
Deli Serdang T.A 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 PGSD 401 |
Keywords: | Membaca permulaan, Metode struktural analitik sintetik (SAS), Hasil belajar, PTK |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 11 Apr 2019 15:20 |
Last Modified: | 26 Jul 2019 02:41 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/35132 |