RITONGA, SAKILA (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DAN KREATIVITAS SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KEARSIPAN KELAS X AP DI SMK TAMAN SISWA MEDAN T.P 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1 NIM. 7141141062 COVER.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
2 NIM. 7141141062 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (409kB) | Preview
3 NIM. 7141141062 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (612kB) | Preview
4 NIM. 7141141062 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (235kB) | Preview
5 NIM. 7141141062 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
6 NIM. 7141141062 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7 NIM. 7141141062 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
8 NIM. 7141141062 BAB I.pdf - Published Version
Download (380kB) | Preview
12 NIM. 7141141062 BAB V.pdf - Published Version
Download (246kB) | Preview
13 NIM. 7141141062 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa di
SMK Taman Siswa Medan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui
pengaruh model pembelajaran berbasis proyek dan kreativitas siswa terhadap
hasil belajar siswa. Manfaat dari penelitian ini adalah sebagai bahan masukan bagi
guru dan calon guru dalam memilih model pembelajaran yang diterapkan agar
siswa dapat lebih kreatif dalam belajar sehingga hasil belajar yang dicapai dapat
maksimal.
Penelitian ini dilaksanakan di kelas X AP SMK Taman Siswa Medan
Tahun pelajaran 2017/2018. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah kelas X
AP 1 dan X AP 2 yang terdiri 60 siswa. Kelas X AP sebagai kelas kontrol dan X
AP 2 sebagai kelas eksperimen. Teknik pengambilan sampel yang digunakan
adalah purposive sampling. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah
tes hasil belajar kearsipan dalam bentuk multiple choice sebanyak 20 item dan
angket sebanyak 20 item.
Hasil analisa data menunjukkan data nilai rata-rata kelas eksperimen 77
dengan simpangan baku 11,34, sedangkan nilai rata-rata kelas kontrol 71,5
dengan simpangan baku 10,6. Pengujian hipotesis dilakukan dengan rumus Uji
Persial (Uji t). Dari hasil perhitungan hipotesis diperoleh bahwa >
2.398 > 0,329. Dengan kata lain hipotesis diterima. Interaksi antara kreativitas
terhadap hasil belajar dikelas eksperimen > yaitu 2,126 > 0,329 dan
interaksi antara kreativitas terhadap hasil belajar dikelas kontrol sebesar >
0,581 > 0,329.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang menyatakan
ada pengaruh model pembelajaran berbasis projek dan kreativitas siswa terhadap
hasil belajar siswa kelas X SMK Taman Siswa Medan T.P 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 ADP 026 |
Keywords: | MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK, KREATIVITAS SISWA, HASIL BELAJAR SISWA |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 11 Apr 2019 15:16 |
Last Modified: | 25 Jul 2019 08:46 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/35126 |