MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI POKOK GAYA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE DI KELAS IV SD NEGERI 101765 BANDAR SETIA T.A 2017/2018

ANGGRAINI, SYLVIA (2018) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI POKOK GAYA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE DI KELAS IV SD NEGERI 101765 BANDAR SETIA T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 1141111076_COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 1141111076_COVER.pdf - Published Version

Download (41kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 1141111076_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 1141111076_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (177kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 1141111076_ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 1141111076_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (166kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 1141111076_KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 1141111076_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (224kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 1141111076_DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 1141111076_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (164kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 1141111076_DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 1141111076_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 1141111076_DAFTAR GRAFIK.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 1141111076_DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 1141111076_DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 1141111076_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (136kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 1141111076_BAB I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 1141111076_BAB I.pdf - Published Version

Download (375kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 1141111076_BAB V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 1141111076_BAB V.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 1141111076_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 1141111076_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview

Abstract

IPA sebagai salah satu mata pelajaran di SD perlu mendapatkan perhatian
khusus, sebab IPA dianggap pelajaran yang membosankan dan menjenuhkan dalam
proses pembelajaran, sehingga banyak siswa yang belum memahami materi pelajaran
dengan baik serta hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA sangat rendah.
Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada
mata pelajaran IPA materi pokok gaya dengan menggunakan model pembelajaran
scramble di kelas IV Bandar Setia.
Penelitian ini adalah Penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini
siswa kelas IV SD Negeri 101765 Bandar Setia Tahun Ajaran 2017/2018 sebanyak 1 kelas
yaitu 24 orang siswa yang terdiri dari siswa laki-laki dan siswa perempuan. Pelaksanaan
tindakan dilakukan selama 2 siklus, dimana setiap siklus dilakukan 2 kali pertemuan. Jadi
dalam 2 siklus ada 4 kali pertemuan. Dalam setiap siklus dilakukan 4 tahap yaitu
perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Instrumen yang digunakan dalam
penelitian ini yaitu tes dan lembar observasi.
Hasil penelitian dengan menggunakan model pembelajaran scramble pada mata
pelajaran IPA dikelas IV SD Negeri 101765 Bandar Setia menunjukkan adanya peningkatan
hasil belajar siswa yang berjumlah 24 orang siswa. Dari hasil pretest diperoleh siswa yang
tuntas belajar sebanyak 3 orang siswa (12,5%) yang tidak tuntas sebanyak 21 orang siswa
(87,5%) dengan nilai rata-rata kelas 51,46. Melihat dari hasil perolehan dari siklus I diperoleh
siswa yang tuntas belajar sebanyak 15 orang siswa (62,5%) yang tidak tuntas sebanyak 9
orang siswa (37,5%) dengan nilai rata-rata kelas 69,58. Melihat dari hasil perolehan nilai dari
siklus I maka perlu dilakukan tindakan lanjut pada siklus II diperoleh siswa yang tuntas
belajar sebanyak 22 orang siswa (91,67%) yang tidak tuntas sebanyak 2 orang siswa (8,33%)
dengan nilai rata-rata kelas 90,42. Peningkatan hasil belajar dari keadaan awal (pretest) ke
siklus I sebesar 50% dan dari siklus I ke siklus II sebesar 29,17%. Hasil observasi guru
diperoleh pada siklus I pertemuan pertama dengan menggunakan model pembelajaran
scramble rata-rata 63,9 tergolong rendah, lalu dilakukan tindakan siklus I pertemuan kedua
diperoleh rata-rata nilai 75 tergolong sedang. Dan setelah dilakukan siklus II pertemuan
pertama diperoleh nilai rata-rata 83,33 tergolong tinggi dan siklus II pertemuan kedua
diperoleh nilai rata-rata 94,4 tergolong sangat tinggi.
Dari tindakan dan analisis yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa dengan model
pembelajaran scramble pada mata pelajaran IPA dapat meningkatkan hasil belajar siswa di
kelas IV SD Negeri 101765 Bandar Setia Tahun Ajaran 2017/2018.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2018 PGSD 405
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 11 Apr 2019 14:43
Last Modified: 24 Jul 2019 04:19
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/35088

Actions (login required)

View Item
View Item