Wardani, Ririn Kesuma (2018) EFEKTIVITAS DAN EFISIENSI KINERJA OMBUDSMAN REPUBLIK INDONESIA PERWAKILAN SUMATERA UTARA DALM PELAYANAN PUBLIK BIDANG PENDIDIKAN DI KOTA MEDAN BERDASARKAN UNDANG-UNDANG NOMOR 37 TAHUN 2008 TENTANG OMBUDSMAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 3142111022 COVER.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
2. NIM. 3142111022 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
3. NIM. 3142111022 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
4. NIM. 3142111022 PREFACE.pdf - Published Version
Download (419kB) | Preview
5. NIM. 3142111022 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
6. NIM. 3142111022 TABLES.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
7. NIM. 3142111022 LIST OF BAGAN.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
8. NIM. 3142111022 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
9. NIM. 3142111022 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (428kB) | Preview
13. NIM. 3142111022 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
14. NIM. 3142111022 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (251kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana efektivitas dan efisiensi
kinerja Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Sumatera Utara dalam
pelayanan publik bidang pendidikan di Kota Medan. Metode penelitian yang
digunakan adalah deskriptif kualitatif, yaitu dengan mengurai, menjelaskan, dan
menggambarkan sesuai dengan permasalahan yang erat dalam penelitian. Teknik
pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara mendalam, dan
dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu teknik analisis data
kualitatif dengan menggunakan indikator kinerja lembaga Ombudsman yang telah
disesuaikan dan kemudian dianalisis melalui tahap pengumpulan data, reduksi,
penyajian dan penyimpulan data. Penelitian ini dilaksanakan di Kantor Perwakilan
Ombudsman Republik Indonesia Provinsi Sumatera Utara di Kota Medan.
Hasil penelitian yang diperoleh bahwa sumber daya manusia pada kapasitas
individu Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Sumatera Utara masih
rendah, dimana terdapat asisten Ombudsman Perwakilan Sumatera Utara yang
memiliki tugas rangkap. Pada kapasitas lembaga Ombudsman Perwakilan
Sumatera Utara sudah cukup baik dengan kepemimpinan dan perencanaan
program yang baik. Namun, Ombudsman Perwakilan Sumatera Utara belum
efisien dalam menjalankan tugasnya, karena waktu yang dibutuhkan Ombudsman
dalam menyelesaikan laporan cukup lama. Hal ini dapat dilihat dari data yang
diperoleh yakni pada tahun 2016 hanya 49,08% laporan yang dapat diselesaikan
oleh Ombudsman Perwakilan Sumatera Utara dan pada tahun 2017 terdapat 69%
laporan yang dapat diselesaikan. Adapun laporan lainnya hingga saat ini masih
dalam proses penyelesaian. Kendala dan hambatan Ombudsman Republik
Indonesia Perwakilan Sumatera Utara dalam menjalankan tugasnya yakni karena
kurangnya sumber daya manusia dan anggaran Ombudsman Republik Indonesia
Perwakilan Sumatera Utara yang kecil.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 PKN 052 |
Keywords: | Efektivitas; Efisiensi; Ombudsman; Pelayanan Publik |
Subjects: | K Law > K Law (General) > K520 Comparative law. International uniform law > K3440 Civil service. Government officials and employees |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 11 Apr 2019 14:26 |
Last Modified: | 23 Jul 2019 07:58 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/35066 |