LASE, MASRIANAWATY (2018) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN TIPE KEPRIBADIAN SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X IIS DI SMA NEGERI 1 RAYA T.P 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. NIM. 7143141054 COVER.pdf - Published Version
Download (196kB) | Preview
02. NIM. 7143141054 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (264kB) | Preview
03. NIM. 71413141054 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
04. NIM. 7143141054 PREFACE.pdf - Published Version
Download (339kB) | Preview
05. NIM. 7143141054 TABEL AND CONTENT.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
06. NIM. 7143141054 TABLES.pdf - Published Version
Download (202kB) | Preview
07. NIM. 7143141054 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (313kB) | Preview
08. NIM. 7143141054 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
09. NIM. 7143141054 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (533kB) | Preview
13. NIM. 7143141054 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
14. NIM. 7143141054 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (445kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar ekonomi siswa kelas X IIS di SMA Negeri 1 Raya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perbedaan hasil belajar kelompok yang diajar dengan strategi pembelajaran kontekstual dan ekspositori, (2) untuk melihat perbedaan hasil belajar siswa ekstrovert dan introvert, dan (3) untuk melihat interaksi antara strategi pembelajaran dengan kepribadian siswa. Jenis penelitian ini yaitu penelitian eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IIS di SMA Negeri 1 Raya T.P 2017/2018 yang berjulah 101 siswa. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik purposive sampling yang berjumlah 70 siswa. Instrument yang digunakan dalam pengumpulan data adalah angket dan tes hasil belajar ekonomi. Test tersebut dilakukan sebelum dan sesudah perlakuan. Teknik analisis data secara kuantitatif melalui uji ANAVA dua jalur, yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis meliputi uji homogenitas dan uji normalitas.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) hasil belajar ekonomi siswa yang diberi strategi pembelajaran kontekstual lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar ekonomi siswa yang diberi strategi pembelajaran ekspositori; (2) hasil belajar ekonomi siswa yang ekstrovert lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar ekonomi siswa yang introvert; dan (3) terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan tipe kepribadian siswa terhadap hasil belajar ekonomi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 EKO 036 |
Keywords: | KONTEKSTUAL, EKSPOSITORI, KEPRIBADIAN EKSTROVERT, KEPRIBADIAN INTROVERT, HASIL BELAJAR |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 11 Apr 2019 14:24 |
Last Modified: | 23 Jul 2019 07:27 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/35063 |