ASHARY, WINNY AYUWIRA (2018) PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA KELAS X PADA MATERI INVERTEBRATA DI SMA NEGERI 2 PERCUT SEI TUAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4141141079 COVER.pdf - Published Version
Download (75kB) | Preview
2. NIM. 4141141079 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (341kB) | Preview
3. NIM. 4141141079 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (151kB) | Preview
4. NIM. 4141141079 PREFACE.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
6. NIM. 4141141079 TABLES.pdf - Published Version
Download (99kB) | Preview
6. NIM. 4141141079 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
7. NIM. 4141141079 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
8. NIM. 4141141079 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (103kB) | Preview
9. NIM. 4141141079 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (244kB) | Preview
13. NIM 4141141079 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
14. NIM. 4141141079 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (203kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) terhadap kemampuan literasi sains siswa kelas X pada materi Invertebrata di SMA Negeri 2 Percut Sei Tuan. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen. Populasi penelitian terdiri dari 4 kelas dengan jumlah siswa 140 orang dan teknik pengambilan sampel dengan cara random sampling, dimana kelas X MIA 3 (kelas kontrol) sebanyak 35 siswa dan kelas X MIA 1 (kelas eksperimen) sebanyak 35 siswa. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data berupa tes yang berbentuk soal pilihan berganda terdiri dari 22 butir soal. Dari hasil uji persyaratan analisis data, kedua kelas sampel berdistribusi normal dan memiliki varians yang seragam (homogen). Berdasarkan analisis data bahwa nilai rata-rata kemampuan literasi sains kelas eksperimen sebesar 41,56 pada pretest dan 81,30 pada post test, sedangkan nilai rata-rata kemampuan literasi sains kelas kontrol sebesar 44,81 pada pretest dan 75,06 pada post test. Hasil pengujian hipotesis menggunakan uji-t sampel mandiri pada α = 0,05, dapat disimpulkan terdapat pengaruh pembelajaran dengan model kooperatif tipe Group Investigation terhadap kemampuan literasi sains siswa kelas X pada materi Invertebrata di SMA Negeri 2 Percut Sei Tuan Tahun Pembelajaran 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 BIO 079 |
Keywords: | Kemampuan Literasi Sains, Group Investigation, Invertebrata |
Subjects: | K Law > K Law (General) > K520 Comparative law. International uniform law > K3770 Science and arts. Research L Education > LC Special aspects of education > LC149 Literacy. Illiteracy |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 11 Apr 2019 11:53 |
Last Modified: | 17 Jul 2019 03:43 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/35016 |