PUTRA, ROBIANSYAH (2018) PENERAPAN PENDEKATAN OPEN ENDED BERBANTUAN GEOGEBRA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 MEDAN TAHUN AJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4142111024 COVER.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
2. NIM. 4142111024 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (297kB) | Preview
3. NIM. 4142111024 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (155kB) | Preview
4. NIM. 4142111024 PREFACE.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
5. NIM. 4142111024 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (184kB) | Preview
6. NIM. 4142111024 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7. NIM. 4142111024 TABLES.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
8. NIM. 4142111024 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (106kB) | Preview
9. NIM. 4142111024 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (719kB) | Preview
13. NIM. 4142111024 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (253kB) | Preview
14. NIM. 4142111024 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (294kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dengan menerapkan pendekatan open ended dalam pembelajaran matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Medan Tahun Ajaran 2017/2018, (2) untuk mendeskripsikan respon siswa dalam pembelajaran dengan menerapkan pendekatan pembelajaran open ended (3) untuk mengidentifikasi proses jawaban siswa dalam menyelesaikan permasalah yang berkaitan dengan berpikir kritis dengan menerapkan pendekatan pembelajaran open ended. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa/siswi kelas VIII-8 di SMP Negeri 2 Medan yang berjumlah 38 orang. Objek penelitian ini adalah peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi kubus dan balok dengan pendekatan open ended berbantuan geogebra di kelas VIII SMP Negeri 2 Medan Tahun Ajaran 2017/2018. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, dimana di akhir setiap siklus diberikan tes kemampuan berpikir kritis untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa. Berdasarkan hasil analisis data pada siklus I di kelas VIII-8 sebanyak 38 orang, terdapat 18 siswa (47,37%) telah mencapai ketuntasan belajar sedangkan 20 siswa (52,63%) belum tuntas dengan rata-rata kelas 58,33. Pada siklus II terdapat 33 siswa (86,84%) telah mencapai ketuntasan belajar sedangkan 5 siswa (13,16%) belum tuntas dengan rata-rata kelas 83,33. Tingkat penguasaan siswa dari tes kemampuan berpikir kritis II mencapai kriteria baik, maka pembelajaran ini dikatakan telah tercapai. Respon siswa dalam pembelajaran dengan menerapkan pendekatan open ended berbantuan geogebra adalah positif dengan persentase pada siklus I sebesar 81,88% dan pada siklus II sebesar 83,48%. Proses jawaban siswa dalam menyelesaikan soal mengalami peningkatan dengan persentase pada siklus I sebesar 60,53% dan pada siklus II sebesar 89,47%. Berdasarkan uraian-uraian di atas disimpulkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa meningkat dengan menerapkan pendekatan open ended berbantuan geogebra pada materi kubus dan balok di kelas VIII-8 SMP Negeri 2 Medan Tahun Ajaran 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 MAT 112 |
Keywords: | Pendekatan Open Ended; Kemampuan Berpikir Kritis |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 11 Apr 2019 11:46 |
Last Modified: | 17 Jul 2019 02:04 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/35009 |