Siahaan, Hot Imanson Partogi (2018) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA IPS 4 SMA N 1 BANDAR T.P 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 7133142021 COVER.pdf - Published Version
Download (43kB) | Preview
2. NIM 7133142021 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (231kB) | Preview
3. NIM 7133142021 PREFACE.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
4. NIM 7133142021 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
5. NIM 7133142021 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (229kB) | Preview
6. NIM 7133142021 TABLES.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
7. NIM 7133142021 ILLUSTRTION.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
8. NIM 7133142021 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
9. NIM 7133142021 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (544kB) | Preview
13. NIM 7133142021 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (247kB) | Preview
14. NIM 7133142021 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (284kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah”Rendahnya aktivitas dan hasil belajar pada mata pelajaran akuntansi”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar akuntansi dengan menerapan model pembelajaran Problem Based Learning dengan pendekatan Kontekstual siswa Kelas XII IPS-4 di SMA Ni 1 Bandar T.P 2017/2018.
Penelitian ini dilakukan di SMAN 1 Bandar . Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII IPS 4 yang berjumlah 32 orang siswa. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam 2 siklus dimana masing-masing siklus terdapat perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah test hasil belajar dan observasi. Soal-soal tes hasil belajar telah dilakukan validitas, realibilitas, daya pembeda maupun tingkat kesukaran. Teknik analisis data yang digunakan yaitu Persentase Perolehan Hasil secara individual maupun kelas untuk melihat peningkatan aktivitas belajar siswa dan Ketuntasan Belajar secara individual maupun Klasikal untuk melihat hasil belajar siswa.
Dari hasil analisis data aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan 37,5% , yaitu 14 orang (43,75%) siswa yang aktif di Siklus I dan 26 orang (81,25%) siswa yang aktif di Siklus II dengan begitu hipotesis I dapat diterima. Perolehan hasil belajar siswa yaitu Pretest hanya 37,5% siswa yang tuntas (12 siswa) dengan nilai rata-rata 58,68 pada Siklus I meningkat 21,8% menjadi 59,3% siswa yang tuntas (19 siswa) dengan nilai rata-rata 71,06 pada Siklus II meningkat 13,31% menjadi 84,37% siswa yang tuntas (27 siswa) dan telah memenuhi ketuntasan secara klasikal 80% dengan KKM skor 75 dengan begitu hipotesis II dapat diterima.
Dapat disimpulkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi mengalami peningkatan setelah diterapkan model pembelajaranProblem Based Learning dengan pendekatan Kontekstualpada siswa kelas XII IPS-4 SMA Negeri 1 BANDAR T.P 2017/2018. Pada Pokok Pembahasan Akuntansi Perusahaan Dagang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 AKT 052 |
Keywords: | HASIL BELAJAR SISWA , AKTIVITAS SISWA, MODEL PBL DGN KONTEKSTUAL |
Subjects: | H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 11 Apr 2019 11:40 |
Last Modified: | 16 Jul 2019 07:47 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/35000 |