MAWADDAH (2018) PERBEDAAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN OPEN ENDED DENGAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN DIFFERENTIATED INSTRUCTION BERBANTUAN WINGEOM DI SMP NEGERI 1 TANJUNG MORAWA T.A. 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
NIM. 4142111020 COVER.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
NIM. 4142111020 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (368kB) | Preview
NIM. 4142111020 PREFACE.pdf - Published Version
Download (192kB) | Preview
NIM. 4142111020 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
NIM. 4142111020 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (250kB) | Preview
NIM. 4142111020 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (105kB) | Preview
NIM. 4142111020 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (158kB) | Preview
NIM. 4142111020TABLES.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
NIM. 4142111020 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
NIM. 4142111020 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (192kB) | Preview
NM. 4142111020 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (324kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan komunikasi matematis antara siswa yang diajar menggunakan pendekatan open-ended berbantuan wingeom dengan siswa yang diajar menggunakan pendekatan differentiated instruction berbantuan wingeom di kelas VIII SMP Negeri 1 Tanjung Morawa Tahun Ajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII SMP Negeri 1 Tanjung Morawa. Sampel dalam penelitian ini adalah dua kelas yaitu kelas VIII-1 (kelas eksperimen I) diajar menggunakan pendekatan pembelajaran Open Ended berbantuan Wingeom dan kelas VIII-2 (kelas eksperimen II) diajar menggunakan pendekatan pembelajaran Differentiated Instruction berbantuan Wingeom. Instrumen penelitian ini berupa pretest dan postest yang berbentuk essay dan berjumlah 4 soal. Sebelum instrumen diberikan pada siswa terlebih dahulu divalidkan kepada dua orang dosen matematika dan guru matematika. Sebelum pengujian hipotesis terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dan homogenitas data. Normalitas diuji dengan menggunakan teknik Lilliefors dan homogenitas dengan menggunakan uji F. Dari pengujian yang dilakukan diperoleh bahwa kedua sampel berdistribusi normal dan homogen. Uji hipotesis, dari perhitungan data siswa diperoleh thitung > ttabel yaitu 2,407 > 1,994 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan terdapat perbedaan komunikasi matematis siswa yang diajarkan dengan pendekatan pembelajaran Open Ended berbantuan wingeom dengan pendekatan pembelajaran Differentiated Instruction berbantuan wingeom pada materi kubus dan balok di kelas VIII SMP Negeri 1 Tanjung Morawa T.A. 2017/2018. Demikian juga untuk aspek refresentasi, membaca, dan menulis terdapat perbedaan antara siswa yang diajar melalui pendekatan Open Ended berbantuan Wingeom dengan siswa yang diajar melalui pendekatan Differentiated Instruction berbantuan Wingeom.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 MAT 113 |
Keywords: | Komunikasi Matematis, Open Ended, Differentiated Instruction |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 11 Apr 2019 11:34 |
Last Modified: | 12 Jul 2019 09:06 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34992 |