LESTARI, JULI ASTRI (2018) PENGARUH BERMAIN PLAYDOUGH TERHADAP PENGENALAN GEOMETRI ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL 05, GLUGUR DARAT 1, MEDAN TIMUR, MEDAN, SUMATERA UTARA T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
01 NIM 1143113012 JULI ASTRI LESTARI - COVER.pdf - Published Version
Download (44kB) | Preview
02 NIM 1143113012 JULI ASTRI LESTARI - APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (934kB) | Preview
03 NIM 1143113012 JULI ASTRI LESTARI - ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (74kB) | Preview
04 NIM 1143113012 JULI ASTRI LESTARI - PREFACE.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
05 NIM 1143113012 JULI ASTRI LESTARI - TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
06 NIM 1143113012 JULI ASTRI LESTARI - TABLES.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
07 NIM 1143113012 JULI ASTRI LESTARI - ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
08 NIM 1143113012 JULI ASTRI LESTARI - APPENDICES.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
09 NIM 1143113012 JULI ASTRI LESTARI - CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (257kB) | Preview
13 NIM 1143113012 JULI ASTRI LESTARI - CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
14 NIM 1143113012 JULI ASTRI LESTARI - BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan anak dalam mengenal geometri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kegiatan bermain playdough terhadap pengenalan geometri anak usia 4-5 tahun di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 05 Glugur Darat 1, Kec. Medan Timur, Medan, Sumatera Utara Tahun Ajaran 2017/2018.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Desain dalam penelitian ini menggunakan Quasi Eksperimental Design dengan bentuk Randomized Posttest Only Control Group Design. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling, yaitu penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu, dengan jumlah sampel sebanyak 36 orang anak dengan masing-masing 18 orang pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah kegiatan bermain playdough, sedangkan variabel terikatnya adalah pengenalan geometri. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrumen pedoman observasi terstruktur. Data dianalisis dengan menggunakan uji-t dengan taraf α = 0,05.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengenalan geometri pada anak usia 4-5 tahun semakin baik setelah diberikan kegiatan bermain playdough dengan persentase nilai sebesar 72,2% berada pada kategori berkembang sangat baik (BSB), sedangkan pengenalan geometri yang menggunakan gambar memiliki persentase nilai sebesar 55,6% berada pada kategori mulai berkembang (MB). Dari hasil perhitungan uji hipotesis diperoleh thitung = 8,491 dengan dk = n1 + n2 ) – 2 = 34; α = 0,05 maka diperoleh harga ttabel = 1,691, sehingga nilai thitung > ttabel atau (8,491 > 1,691). Dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima. Maka hal ini menunjukan ”Terdapat pengaruh yang signifikan dari kegiatan bermain playdough terhadap pengenalan geometri anak usia 4-5 tahun di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 05, Glugur Darat 1, Kec. Medan Timur, Medan, Sumatera Utara Tahun Ajaran 2017/2018”.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 PAUD 044 |
Keywords: | pengenalan geometri;playdough |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics > QA440 Geometry. Trigonometry. Topology |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 11 Apr 2019 11:17 |
Last Modified: | 10 Jul 2019 08:22 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34972 |