SAIDAHTURRAMAH, NURUL HAFIFAH (2018) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL DI KELAS VII-3 MATSN PEMATANG SIANTAR T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4141111035 COVER.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
2. NIM. 4141111035 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (364kB) | Preview
3. NIM. 4141111035 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
4. NIM. 4141111035 PREFACE.pdf - Published Version
Download (221kB) | Preview
5. NIM. 4141111035 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (225kB) | Preview
6. NIM. 4141111035 TABLES.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
7. NIM. 4141111035 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
8. NIM. 4141111035 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
9. NIM. 4141111035 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (745kB) | Preview
13. NIM. 4141111035 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
14. NIM. 4141111035 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (377kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menigkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan menerapkan model pembelajara berbasis masalah pada materi aritmatika sosial di kelas VII-3 MTsN Pematang Siantar. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII-3 MTsN Pematang Siantar T.A 2017/2018 yang berjumlah 40 orang. Objek penelitian ini adalah kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan menerapkan model pembelajaran berbasis masalah pada materi aritmatika sosial. Berdasarkan analisis data setelah pemberian tindakan pada siklus I melalui pemberian tes kemampuan pemecahan masalah matematis I diperoleh 20 dari 40 siswa (50%) telah mencapai ketuntasan belajar (≥70) sedangkan 20 siswa lainnya (50%) belum mencapai nilai ketuntasan. Setelah tindakan II, melalui pemberian tes kemampuan pemecahan masalah matematis II diperoleh 40 dari 40 siswa (100%) telah berhasil mencapai nilai ketuntasan belajar (≥70). Terjadi peningkatan ketuntasan klasikal sebesar 50%. Berdasarkan kriteria ketuntasan klasikal maka persentase ketuntasan ini sudah memenuhi. Nilai rata-rata tes pada siklus I yaitu 68,50 dan pada siklus II meningkat menjadi 88,17. Peningkatan nilai rata-rata yaitu sebesar 19,67 dan berada pada katagori tinggi. Berdasarkan uraian di atas disimpulkan bahwa model pembelajaran berbasis masalah matematika mampu meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi aritmatika sosial di kelas VII-3 MTsN Pematang Siantar T.A 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 MAT 116 |
Keywords: | pemecahan masalah, model pembelajaran berbasis masalah |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 11 Apr 2019 10:53 |
Last Modified: | 19 Jun 2019 06:57 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34948 |