Lisnawati (2018) PERBEDAAN KEMAMPUAN REPRESENTTASI MATEMATIS SISWA MELALUI PENDEKATAN BRAIN BASED LEARNING DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL BERBANTUAN EDMODO DI SMAS AN-NIZAM TA.2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4142111019 COVER.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
2. NIM. 4142111019 APROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (295kB) | Preview
3. NIM. 4142111019 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (335kB) | Preview
4. NIM. 4142111019 PREFACE.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
5. NIM. 4142111019 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (244kB) | Preview
6. NIM. 4142111019 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
7. NIM. 4142111019 TABLES.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
8. NIM 4142111019 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
9. NIM 4142111019 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (804kB) | Preview
13. NIM 4142111019 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
14. NIM 4142111019 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (70kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan representasi matematis antara siswa yang diajar menggunakan pendekatan Brain Based Learning berbantuan edmodo dengan siswa yang diajar menggunakan pendekatan kontekstual berbantuan edmodo di kelas X SMAS An-Nizam Tahun Ajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X SMAS An-Nizam. Sampel dalam penelitian ini adalah dua kelas yaitu kelas X Mia-1 (kelas eksperimen I) diajar menggunakan pendekatan Brain Based Learning berbantuan edmodo dan kelas X Mia-2 (kelas eksperimen II) diajar menggunakan pendekatan kontekstual berbantuan edmodo. Instrumen penelitian ini berupa pretest dan postest yang berbentuk essay dan berjumlah 4 soal. Sebelum instrumen diberikan pada siswa terlebih dahulu divalidkan kepada dua orang dosen matematika dan guru matematika.Sebelum pengujian hipotesis terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dan homogenitas data. Normalitas diuji dengan menggunakan teknik Lilliefors dan homogenitas dengan menggunakan uji F. Dari pengujian yang dilakukan diperoleh bahwa kedua sampel berdistribusi normal dan homogen. Uji hipotesis, dari perhitungan data siswa diperoleh thitung > ttabel yaitu 7.06>2.011 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan terdapat perbedaan representasi matematis siswa yang diajar dengan pendekatan Brain Based Learning berbantuan edmodo dengan siswa yang diajar menggunakan pendekatan kontekstual berbantuan edmodo di kelas X SMAS An-Nizam Tahun Ajaran 2017/2018. Demikian juga untuk aspek visual, ekspresi matematis, dan teks tertulis terdapat perbedaan antara siswa yang diajar menggunakan pendekatan Brain Based Learning berbantuan edmodo dengan pendekatan kontekstual berbantuan edmodo di kelas X SMAS An-Nizam Tahun Ajaran 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 MAT 118 |
Keywords: | Brain Based Learning, Kontekstual, Edmodo, Kemampuan Representasi |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 11 Apr 2019 10:48 |
Last Modified: | 02 May 2019 05:05 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34943 |