DAMANIK, MAGHFIRA FEBRINATA (2018) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MODUL KIMIA TERINTEGRASI NILAI-NILAI ISLAMI PADA POKOK BAHASAN HIDROLISIS GARAM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI MAN 1 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4142131006 COVER.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
2. NIM. 4142131006 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (400kB) | Preview
3. NIM. 4142131006 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (42kB) | Preview
4. NIM. 4142131006 PREFACE.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
5. NIM. 4142131006 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
6. NIM. 4142131006 TABLES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7. NIM. 4142131006 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM. 4142131006 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
9. NIM. 4142131006 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (360kB) | Preview
13. NIM. 4142131006 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
14. NIM. 4142131006 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (249kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Apakah terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan modul kimia terintegrasi nilai-nilai Islami dan yang diajarkan menggunakan buku ajar kimia SMA/MA pegangan siswa pada pokok bahasan hidrolisis garam. (2) Apakah pembelajaran dengan menggunakan modul kimia terintegrasi nilai-nilai Islami dapat menumbuh kembangkan nilai-nilai spiritual siswa. (3) Apakah terdapat hubungan antara nilai spiritual siswa dengan peningkatan hasil belajar. Sampel terdiri dari dua kelas. Instrumen penelitian berupa tes objektif hasil belajar sebanyak 25 butir soal yang valid dan reliable (0,832), serta instrumen angket dan lembar observasi sikap spiritual. Teknik analisa data dilakukan dengan uji Independent Sample T-test, Correlation dan Regression Linier pada program SPSS 21 for windows dengan taraf signifikan 0,05. Hasil penelitian yang diperoleh, yaitu : (1) Peningkatan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan modul kimia terintegrasi nilai-nilai Islami dan yang diajarkan menggunakan buku ajar kimia SMA/MA pegangan siswa pada pokok bahasan hidrolisis garam (p = 0,000 < 0,05), nilai rata-rata N-Gain kelas eksperimen sebesar 74% dan kelas kontrol sebesar 53%, (2) Modul kimia terintegrasi nilai-nilai Islami dapat menumbuhkembangkan nilai spiritual pada siswa, (3) Terdapat hubungan antara nilai spiritual dengan hasil belajar siswa sebesar 12,6 %.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 KIM 039 |
Keywords: | NILAI ISLAMI, MODUL KIMIA, HASIL BELAJAR KIMIA, HIDROLISIS GARAM |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QD Chemistry Q Science > QD Chemistry > QD71 Analytical chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 11 Apr 2019 10:30 |
Last Modified: | 20 Apr 2020 02:48 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34925 |