PERBANDINGAN PENINGKATAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS SISWA MELALUI PENGGUNAAN MEDIA KARTU SOAL DAN PETA KONSEP PADA MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING MATERI KONSEP MOL

Simamora, Devy Chrisanta Eleonora (2018) PERBANDINGAN PENINGKATAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS SISWA MELALUI PENGGUNAAN MEDIA KARTU SOAL DAN PETA KONSEP PADA MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING MATERI KONSEP MOL. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4143131007 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4143131007 COVER.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4143131007 PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4143131007 PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 4143131007 RIWAYAT HIDUP.pdf]
Preview
Text
3. NIM 4143131007 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version

Download (31kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 41413131007 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
4. NIM 41413131007 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 4143131007 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
5. NIM 4143131007 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (60kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 4143131007 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
6. NIM 4143131007 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (86kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 4143131007 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
7. NIM 4143131007 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (31kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 4143131007 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
8. NIM 4143131007 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (31kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 4143131007 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
9. NIM 4143131007 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (59kB) | Preview
[thumbnail of 10. NIM 4143131007 BAB I.pdf]
Preview
Text
10. NIM 4143131007 BAB I.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 4143131007 BAB V.pdf]
Preview
Text
14. NIM 4143131007 BAB V.pdf - Published Version

Download (57kB) | Preview
[thumbnail of 15. NIM 4143131007 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
15. NIM 4143131007 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dan
aktivitas belajar siswa aktivitas belajar siswa antara media kartu soal dan peta
konsep dengan model pembelajaran Problem Based Learning serta mengetahui
hubungan antara aktivitas belajar dengan peningkatan hasil belajar siswa.
Penelitian ini dilakukan di SMA Swasta Katolik Sibolga. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIA yang berjumlah 3 kelas.
Pengambilan sampel dilakukan secara random sampling, kelas X MIA 1 sebagai
eksperimen 1 menggunakan media kartu soal dan X MIA 3 sebagai eksperimen 2
menggunakan media peta konsep. Data peningkatan hasil belajar siswa diambil
dengan instrument tes objektif sebanyak 20 butir soal yang telah diuji validitas,
tingkat kesukaran,daya beda, dan reliabilitas. Sedangkan data aktivitas belajar
siswa digunakan instrument non tes berupa lembar observasi aktivitas belajar
siswa. Data peningkatan hasil belajar dan aktivitas belajar siswa dianalisis dengan
uji t-dua pihak dan hubungan aktivitas belajar dan peningkatan hasil belajar siswa
diuji dengan uji r. Hasil analisis data peningkatan hasil belajar menunjukkan thitung
= 3.188 > ttabel = 2.0147 yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima yaitu Ada
perbedaan yang signifikan peningkatan hasil belajar siswa yang diajarkan
menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dengan media kartu
soal (0.768) dan media peta konsep (0.68). Hasil uji t aktivitas belajar siswa
diperoleh thitung = 4.748 > ttabel = 2.0147 yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima
yaitu ada perbedaan yang signifikan aktivitas belajar siswa yang diajarkan
menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dengan media kartu
soal (88.814) dan media peta (81.93) dengan kategori sangat aktif. Hasil uji
korelasi menunjukkan korelasi antara aktivitas belajar dan peningkatan hasil
belajar yang dibelajarakan dengan media kartu soal termasuk dalam kategori
cukup (0.42) dengan kontribusi sebesar 17.64%. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa media kartu soal memperoleh peningkatan hasil belajar dan aktivitas siswa
yang lebih tinggi dari pada media peta konsep pada materi konsep mol

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2018 KIM 041
Keywords: Model Pembelajaran Problem Based Learning, Media Kartu Soal, Media Peta Konsep, Konsep Mol
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 11 Apr 2019 10:24
Last Modified: 20 Apr 2020 02:53
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34920

Actions (login required)

View Item
View Item