Simamora, Devy Chrisanta Eleonora (2018) PERBANDINGAN PENINGKATAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS SISWA MELALUI PENGGUNAAN MEDIA KARTU SOAL DAN PETA KONSEP PADA MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING MATERI KONSEP MOL. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4143131007 COVER.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
2. NIM 4143131007 PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
3. NIM 4143131007 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
4. NIM 41413131007 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
5. NIM 4143131007 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
6. NIM 4143131007 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
7. NIM 4143131007 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
8. NIM 4143131007 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
9. NIM 4143131007 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
10. NIM 4143131007 BAB I.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
14. NIM 4143131007 BAB V.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
15. NIM 4143131007 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dan
aktivitas belajar siswa aktivitas belajar siswa antara media kartu soal dan peta
konsep dengan model pembelajaran Problem Based Learning serta mengetahui
hubungan antara aktivitas belajar dengan peningkatan hasil belajar siswa.
Penelitian ini dilakukan di SMA Swasta Katolik Sibolga. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIA yang berjumlah 3 kelas.
Pengambilan sampel dilakukan secara random sampling, kelas X MIA 1 sebagai
eksperimen 1 menggunakan media kartu soal dan X MIA 3 sebagai eksperimen 2
menggunakan media peta konsep. Data peningkatan hasil belajar siswa diambil
dengan instrument tes objektif sebanyak 20 butir soal yang telah diuji validitas,
tingkat kesukaran,daya beda, dan reliabilitas. Sedangkan data aktivitas belajar
siswa digunakan instrument non tes berupa lembar observasi aktivitas belajar
siswa. Data peningkatan hasil belajar dan aktivitas belajar siswa dianalisis dengan
uji t-dua pihak dan hubungan aktivitas belajar dan peningkatan hasil belajar siswa
diuji dengan uji r. Hasil analisis data peningkatan hasil belajar menunjukkan thitung
= 3.188 > ttabel = 2.0147 yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima yaitu Ada
perbedaan yang signifikan peningkatan hasil belajar siswa yang diajarkan
menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dengan media kartu
soal (0.768) dan media peta konsep (0.68). Hasil uji t aktivitas belajar siswa
diperoleh thitung = 4.748 > ttabel = 2.0147 yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima
yaitu ada perbedaan yang signifikan aktivitas belajar siswa yang diajarkan
menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dengan media kartu
soal (88.814) dan media peta (81.93) dengan kategori sangat aktif. Hasil uji
korelasi menunjukkan korelasi antara aktivitas belajar dan peningkatan hasil
belajar yang dibelajarakan dengan media kartu soal termasuk dalam kategori
cukup (0.42) dengan kontribusi sebesar 17.64%. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa media kartu soal memperoleh peningkatan hasil belajar dan aktivitas siswa
yang lebih tinggi dari pada media peta konsep pada materi konsep mol
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 KIM 041 |
Keywords: | Model Pembelajaran Problem Based Learning, Media Kartu Soal, Media Peta Konsep, Konsep Mol |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 11 Apr 2019 10:24 |
Last Modified: | 20 Apr 2020 02:53 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34920 |