HARIANJA, ASINA SOFIA (2018) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTU MEDIA PHET TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK USAHA DAN ENERGI DI KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 18 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4143121003 COVER.pdf - Published Version
Download (74kB) | Preview
2. NIM 4143121003 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (152kB) | Preview
3. NIM 4143121003 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
4. NIM 4143121003 PREFACE.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
5. NIM 4143121003 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
6. NIM 4143121003 TABLE.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
7. NIM 4143121003 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
8. NIM 4143121003 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
9. NIM 4143121003 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (334kB) | Preview
13 NIM 4143121003 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
14. NIM 4143121003 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (227kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui aktivitas siswa selama
proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Discovery
Learning berbantu media PhET pada materi usaha dan energi, (2) mengetahui
pengaruh model discovery learning dengan media simulasi virtual PhET terhadap
hasil belajar siswa pada materi usaha dan energi di kelas X semester II di SMA
Negeri 18 MedanT.A. 2017/2018.
Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini
adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 18 Medan pada semester Genap T.A.
2017/2018 yang terdiri dari 4 kelas. Sampel penelitian ini diambil dua kelas yaitu
kelas X IPA 1(sebagai kelas eksperimen) dan kelas X IPA 2 (sebagai kelas
kontrol) yang masing-masing berjumlah 28 siswa dan 25siswa yang ditentukan
dengan teknik Cluster Random Sampling.Kemudian diberikan perlakuan yang
berbeda, kelas eksperimen dengan menggunakan model Discovery Learning
berbantu media PhET dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional.Data
yang digunakan dalam penelitian ini digunakan tes pilihan berganda, jumlah soal
15 item yang telah divalidkan oleh validator.
Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen
adalah 35,47 dan kelas kontrol adalah 33,60 setelah pembelajaran selesai
diberikan posttes dengan hasil rata-rata kelas eksperimen 77,63 dan kelas kontrol
71,46. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t setelah data berdistribusi
normal dan homogen. Berdasarkan analisis data dan uji hipotesis bahwa diperoleh
ada pengaruh yang signifikan model discovery learning berbantu media PhET
terhadap hasil belajar siswa pada materi usaha dan energi
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 FIS 076 |
Keywords: | Quasi eksperimen, Pembelajaran Discovery Learning, Konvensional, Media PhET |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QC Physics Q Science > QC Physics > QC251 Heat |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 11 Apr 2019 09:20 |
Last Modified: | 19 Feb 2020 04:57 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34899 |