SIMANJUNTAK, HERLINA ARISKA (2018) INOVASI BAHAN AJAR BERBASIS KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA PENGAJARAN KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN DI SMA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4143131015 COVER.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
2. NIM 4143131015 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (295kB) | Preview
2. NIM. 4141131050 APPROVAL SHEEET.pdf - Published Version
Download (344kB) | Preview
3. NIM 414313105 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (154kB) | Preview
4. NIM 4143131015 PREFACE.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
5. NIM 4143131015 TABLES OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
6. NIM 4143131015 TABLES.pdf - Published Version
Download (154kB) | Preview
7. NIM 4143131015 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (73kB) | Preview
8. NIM 4143131015 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
9. NIM 4143131015 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (285kB) | Preview
13. NIM 4143131015 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
14. NIM 4143131015 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
Abstract
Pengembangan bahan ajar berupa modul ini bertujuan untuk memperoleh
bahan ajar modul berbasis kontekstual yang sesuai dengan kriteria kelayakan
BSNP dan mengetahui peningkatan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan
bahan ajar modul tersebut pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan.
Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 4 Medan T.A. 2017/2018 yang terdiri dari
dua kelas. Sampel ditetapkan dengan purposive sampling dan terpilih kelas XI
MIA 6 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIA 9 sebagai kelas kontrol. Jenis
penelitian ini adalah Research and Development (R & D) dengan prosedur
ADDIE (analysis, design, development, implementation, evaluation).
Pengambilan data untuk bahan ajar modul diperoleh dengan kriteria kelayakan
BSNP sedangkan untuk hasil belajar siswa menggunakan instrumen tes objektif
sebanyak 20 soal yang telah diuji validitasnya, reliabilitas, tingkat kesukaran,
daya pembeda serta distruktor. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa
bahan ajar berupa modul tersebut telah memenuhi kriteria kelayakan BSNP
dengan rata – rata kelayakan isi 3,35 ; kelayakan bahasa 3,60 ; kelayakan
penyajian 3,49 serta kelayakan kegrafikan 3,68 yang berarti bahan ajar
kontekstual sudah valid dan tidak perlu revisi. Data peningkatan hasil belajar
siswa dianalisis dengan uji t satu pihak, yaitu pihak kanan. Hasil uji t untuk
peningkatan hasil belajar siswa diperoleh thitung > ttabel (� = 0,05) (9,2 > 1,6736),
maka Ho ditolak dan Ha diterima, yaitu peningkatan hasil belajar siswa yang
diajar menggunakan bahan ajar inovatif berbasis kontekstual lebih tinggi daripada
peningkatan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan bahan ajar reguler yang
dikembangkan pada materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 KIM 047 |
Keywords: | BAHAN AJAR BERBASIS KONTEKSTUAL, KELAYAKAN BSNP, STANDARISASI, UJI COBA BAHAN AJAR KONTEKSTUAL |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 11 Apr 2019 09:17 |
Last Modified: | 20 Apr 2020 02:52 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34895 |