Wahyuningsih, Dwi (2018) HASIL PEMBELAJARAN DENGAN PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING YANG MENGGUNAKAN MEDIA PETA KONSEP DAN POWER POINT DI SMA PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. 4141131009 COVER.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
2. 4141131009 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
3. 4141131009 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
4. 4141131009 PREFACE.pdf - Published Version
Download (150kB) | Preview
5. 4141131009 TABLE OF CONTENT_docx.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
6. 4141131009 TABLES_docx.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
7. 4141131009 ILUSTRATION_docx.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
8. 4141131009 APPENDICES_docx.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
9. 4141131009 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (322kB) | Preview
13. 4141131009 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar dan minat siswa pada materi larutanpenyangga menggunakan model Problem Based Learning dengan media power point dan peta konsep. Penelitian dilakukan di kelas XI MIA SMA Negeri 13 Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIA SMA/MA semester genap Tahun Ajaran 2017/2018 yang menggunakan kurikulum 2013. Sampel ditetapkan dengan teknik random sampling, yakni mengambil 2 kelas yang dijadikan kelas eksperimen. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan rancangan eksperimen Pretest-posttest Control Group Design. Pengumpulan data dilakukan dengan pre-test dan post-test, data untuk hasil belajar menggunakan instumen yang valid sebanyak 25 soal dan reliabel (0,901) dan data untuk minat siswa diperoleh melalui angket dengan menggunakan instrumen yang telah valid. Hasil uji normalitas dan homogenitas menunjukkan bahwa data berdistribusi normal dan homogen. Hasil peneltian menunjukkan terdapat perbedaan hasil belajar siswa pada materi larutan penyangga yang dibelajarkan dengan menerapkan model Problem Based Learning menggunakan media Peta Konsep dan media Power Point. Terdapat perbedaan minat belajar siswa pada materi larutan penyangga yang dibelajarkan dengan menerapkan model Problem Based Learning menggunakan media Peta Konsep dan media Power Point. Dan terdapat korelasi yang signifikan antara minat dan hasil belajar siswa yang di belajarkan dengan menerapkan model Problem Based Learning menggunakan media Peta Konsep dan Power Point.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 KIM 050 |
Keywords: | Hasil belajar, minat belajar siswa, Problem Based Learning, peta konsep, power point |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 10 Apr 2019 16:00 |
Last Modified: | 18 Jul 2019 02:38 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34888 |