DAULAY, WIDYA LOLA (2018) PERBEDAAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DAN STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) PADA SUB MATERI POKOK SISTEM EKSKRESI MANUSIA DI KELAS XI MIA MAN BINJAI 2017/2918. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4143341056 COVER.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
2. NIM. 4143341056 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
3. NIM. 4143341056 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
4. NIM. 4143341056 PREFACE.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
5. NIM. 4143341056 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (247kB) | Preview
6. NIM. 4143341056 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
7. NIM. 4143341056 TABLES.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
8. NIM. 4143341056 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
9. NIM. 4143341056 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (356kB) | Preview
13. NIM. 4143341056 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
14. NIM. 4143341056 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar dan aktivitas peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif Jigsaw dan model pembelajaran kooperatif STAD pada sub materi pokok sistem ekskresi manusia di kelas XI MIA MAN Binjai tahun pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain two group pretest and posttest. Populasinya seluruh kelas XI MIA MAN Binjai yang terdiri dari empat kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling karena telah ditentukan oleh pihak sekolah, sampel diambil dari populasi sebanyak dua kelas yang berjumlah 79 peserta didik. Pada kelas XI MIA2 diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif Jigsaw dan kelas XI MIA4 diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif STAD. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar sebanyak 30 soal serta lembar observasi aktivitas peserta didik. Berdasarkan hasil perhitungan uji-t dua pihak diperoleh thitung > ttabel atau (3,41 > 1,99) untuk hasil belajar dan thitung > ttabel atau (2,14 > 1,99) untuk aktivitas peserta didik. Hal ini menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar dan aktivitas peserta didik pada sub materi pokok sistem ekskresi manusia di kelas XI MIA MAN Binjai T.P 2017/2018. Demikian hasil belajar dan aktivitas peserta didik kelas yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw lebih tinggi dari pada kelas yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 BIO 114 |
Keywords: | JIGSWA, STAD, HASIL BELAJAR, AKTIVITAS PESERTA DIDIK |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 10 Apr 2019 15:22 |
Last Modified: | 23 Sep 2019 02:00 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34847 |