ULPAH, RAOLA SARI (2018) PERBEDAAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS SISWA YANG DIAJAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE DENGAN TIPE MAKE A MATCH PADA MATERI EKOSISTEM DI KELAS X SMA NEGERI 2 PERCUT SEI TUAN TAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, KODEPRODI84205#S1UNIMED.
1. NIM 4143341041 COVER.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
2. NIM 4143341041 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (242kB) | Preview
3. NIM 4143341041 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
4. NIM 4143341041 PREFACE.pdf - Published Version
Download (283kB) | Preview
5. NIM 4143341041 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
6. NIM 4143341041 TABLES.pdf - Published Version
Download (185kB) | Preview
7. NIM 4143341041 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (184kB) | Preview
8. NIM 4143341041 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (186kB) | Preview
9. NIM 4143341041 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (406kB) | Preview
13. NIM 4143341041 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (152kB) | Preview
14. NIM 4143341041 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (220kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mmengetahui perbedaan hasil belajar dan aktivitas siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dengan tipe Make a Match pada materi Ekosistem di kelas X
SMA Negeri 2 Percut Sei Tuan Tahun Pembelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah eksperimen quasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswasiswi kelas X MIA SMA Negeri 2 Percut Sei Tuan T.P 2017/2018 yang terdiri atas 4 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 142 siswa. Metode pengambiilan sampel penelitian diambil secara random sampling yakni kelas X MIA 1 yang berjumlah 35 siswa sebagai kelas Think Pair Share dan kelas X MIA 3 yang berjumlah 35 siswa sebagai kelas Make a Match. Hasil belajar kelas Think Pair Share 81,08 dan hasil belajar kelas Make a Match 75,51. Aktivitas siswa kelas Think Pair Share pada dua kali pertemuan adalah 70,08 dan aktivitas pada kelas Make a Match 65,80. Demikian hasil belajar dan aktivitas siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share lebih baik
dari pada model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa terdapat perbedaan hasil belajar dan aktivitas siswa
yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dengan tipe Make a Match pada materi ekosistem di kelas X SMA Negeri 2 Percut Sei Tuan Tahun Pembelajaran 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 BIO 115 |
Keywords: | Hasil belajar, Aktivitas siswa, Think Pair Share, Make a Mtach |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahai Faith. Theosophy, etc. > BP1 Islam > BP42 Study and teaching L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 10 Apr 2019 15:22 |
Last Modified: | 02 Mar 2020 03:42 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34846 |