VENTI LAWINTA BR SEMBIRING (2018) BELAJAR SISWA BERDASARKAN FAKTOR EKSTERNAL PADA ANALISIS KESULITAN MATA PELAJARAN BIOLOGI DI KELAS XI IPA SMA AL-HIDAYAH MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4143341052 COVER.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
2. NIM 4143341052 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (234kB) | Preview
3. NIM 4143341052 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
4. NIM 4143341052 PREFACE.pdf - Published Version
Download (283kB) | Preview
5. NIM 4143341052 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
6. NIM 4143341052 TABLES.pdf - Published Version
Download (185kB) | Preview
7. NIM 4143341052 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (184kB) | Preview
8. NIM 4143341052 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (184kB) | Preview
9. NIM 4143341052 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (338kB) | Preview
13. NIM 4143341052 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
14. NIM 4143341052 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persentasi faktor eksternal terhadap kesulitan belajar yang dialami siswa dan untuk mengetahui faktor eksternal yang sangat mempengaruhi kesulitan belajar biologi siswa di kelas XI IPA SMA Al-Hidayah Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Al-Hidayah Medan yang berjumlah 48 orang. Penelitian ini menggunakan sampel total. Alat yang digunakan untuk mendapatkan data penelitian adalah angket dengan jumlah sebanyak 50 butir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentasi faktor eksternal yang menyebabkan siswa kesulitan belajar biologi dipengaruhi oleh lingkungan keluarga sebesar 18,35% (tidak menghambat), lingkungan sekolah sebesar 41,26% (cukup menghambat), dan lingkungan masyarakat sebesar 12,62% (tidak menghambat). Faktor eksternal yang sangat mempengaruhi kesulitan belajar biologi siswa berasal dari faktor lingkungan sekolah sebesar 41,26% (dalam kategori cukup menghambat), yaitu waktu sekolah masuk siang, relasi siswa dengan siswa yang kurang baik, dan penggunaan alat pelajaran yang belum efektif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 BIO 117 |
Keywords: | KESULITAN BELAJAR, FAKTOR EKSTERNAL |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 10 Apr 2019 15:20 |
Last Modified: | 28 Feb 2020 07:24 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34844 |