LAMTIUR LUMBAN GAOL (2018) ANALISIS PENERAPAN METODE SQ4R (SURVEY, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, REVIEW) TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN TEKS EKSPLANASI PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 POLLUNG TAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. COVER .pdf - Published Version
Download (186kB) | Preview
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (907kB) | Preview
3. ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (229kB) | Preview
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (324kB) | Preview
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (309kB) | Preview
6. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
7. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
8. BAB I.pdf - Published Version
Download (671kB) | Preview
12. BAB V.pdf - Published Version
Download (313kB) | Preview
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (349kB) | Preview
Abstract
Rumusan masalah Penelitian ini yakni bagaimana penerapan metode SQ4R (Survey, Question, Read, Reflect, Recite, Review ) terhadap kemampuan membaca pemahaman teks eksplanasi pada siswa. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan penerapan metode SQ4R (Survey, Question, Read, Reflect, Recite, Review) terhadap kemampuan membaca pemahaman teks eksplanasi pada siswa. Penenilitian ini menggunakan metode analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Adapun sumber data dalam penelitian ini adalah guru. Data yang dihasilkan berupa hasil kegiatan membaca teks eksplanasi oleh siswa. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan lembar observasi dan wawancara.
Berdasarkan analisis data yang dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa tingkat kemampuan membaca pemahaman teks eksplanasi pada siswa kelas XI “Meningkat” dengan menggunakan penerapan metode membaca SQ4R (Survey, Question, Read, Reflect, Recite, Review). Penerapan metode ini menunjukkan adanya peningkatan terhadap kemampuan pemahaman bacaan pada teks tanpa mengalami kesulitan juga diterima dengan baik oleh siswa dan tetap dapat memberikan dampak positif terhadap perkembangan kemampuan pemahaman bahan bacaan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 IND 102 |
Keywords: | MEMBACA; MEMBACA PEMAHAMAN; TEKS EKSPLANASI; SQ4R |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahai Faith. Theosophy, etc. > BP1 Islam > BP42 Study and teaching L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 10 Apr 2019 15:19 |
Last Modified: | 28 Feb 2020 07:34 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34843 |