SEMBIRING, YENNI DARLIN PUTRI (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE MENGGUNAKAN MEDIA LEMBAR KERJA SISWA PADA MATERI REAKSI REDOKS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMK NEGERI 3 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4143331027 COVER.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
2. NIM. 4143331027 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (321kB) | Preview
3. NIM. 4143331027 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
4. NIM. 4143331027 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
5. NIM. 4143331027 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (310kB) | Preview
6. NIM. 4143331027 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (229kB) | Preview
7. NIM. 4143331027 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (284kB) | Preview
8. NIM. 4143331027 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (284kB) | Preview
9. NIM. 4143331027 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
10. NIM. 4143331027 BAB I.pdf - Published Version
Download (368kB) | Preview
14. NIM. 4143331027 BAB V.pdf - Published Version
Download (353kB) | Preview
15. NIM. 4143331027 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Think Pair Share menggunakan media Lembar Kerja Siswa pada materi Redoks terhadap hasil belajar Siswa kelas X SMK Negeri 3 Medan. Sampel penelitian adalah 2 kelas jurusan APL (Analisis Pengujian Laboratorium), yaitu kelas X APL 1 sebagai kelas eksperimen yang diajar menggunakan model pembelajaran Think Pair Share menggunakan media Lembar Kerja Siswa dan kelas X APL 4 sebagai kelas kontrol yang diajarkan menggunakan model pembelajaran konvensional. Masing-masing kelas bejumlah 28 siswa dan 30 siswa diambil secara random sampling. Data penelitian diolah untuk menguji hipotesis menggunakan uji-t dan terlebih dahulu diolah untuk mencari rata-rata dan Standar Deviasi (SD). Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan hasil belajar kimia siswa yang diajar dengan model pembelajaran Think Pair Share menggunakan media Lembar Kerja Siswa dan dengan pengajaran model pembelajaran konvensional. Nilai rata-rata pre-test siswa kelas eksperimen adalah 26.07 dengan Standar Deviasi 8,21 dan nilai rata-rata post-test sebesar 87,32 dengan standar deviasi 7,64. Nilai rata-rata pre-test siswa kelas kontrol adalah 26.50 dengan Standar Deviasi 8,11 dan nilai rata-rata post-test sebesar 63,36 dengan Standar Deviasi 7,96. Dari pengujian hipotesis taraf signifikan α = 0,05 untuk data post-test diperoleh thit 9,668 sedangkan ttab 1,674 sehingga thitung > ttabel, maka Ha diterima dan Ho ditolak. Hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model Think Pair Share dengan media Lembar Kerja Siswa lebih tinggi dari hasil belajar kimia siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional pada pokok bahasan Reaksi Redoks.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 KIM 073 |
Keywords: | THINK PAIR SHARE; LEMBAR KERJA SISWA; REAKSI REDOKS; HASIL BELAJAR |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 10 Apr 2019 15:04 |
Last Modified: | 02 Mar 2020 07:25 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34828 |