AMBARITA, BINARIA (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PJBL) BERBASIS LESSON STUDY DENGAN MACROMEDIA FLASH TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA PADA MATERI KOLOID KELAS XI. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4141131004 COVER.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
2. NIM. 4141131004 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (5MB) | Preview
3. NIM. 4141131004 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
4. NIM. 4141131004 PREFACE.pdf - Published Version
Download (270kB) | Preview
5. NIM. 4141131004 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
6. NIM. 4141131004 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
7. NIM. 4141131004 TABLES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM. 4141131004 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
9. NIM. 4141131004 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (319kB) | Preview
13. NIM. 4141131004 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
14. NIM. 4141131004 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (226kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah peningkatan hasil belajar kimia siswa dengan model Project Based Learning (PjBL) berbasis Lesson Study menggunakan Macromedia Flash memberikan pengaruh lebih tinggi daripada pembelajaran dengan model konvensional dan ranah kognitif manakah yang paling terkembangkan melalui penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) berbasis Lesson Study menggunakan Macromedia Flash pada materi Koloid. Jenis penelitian ini adalah guasi eksperimen.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIA di SMA Negeri 3 Binjai.Sampel yang digunakan dalam penelitian ini diambil secara pureposif sampling sebanyak dua kelas. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes sebanyak 20 soal dengan reliabilitas 0,85. Berdasarkan hasil uji statistik parametrik, data hasil pretest, postest, dan gain ternormalisasi (N-gain) pada kelas eksperimen dan kelas kontrol berdistribusi normal dan homogen. Untuk uji hipotesis yaitu uji t pihak kanan dengan taraf signifikan 0,05 diperoleh data thitung > ttabel yakni 6,25 > 2,045, yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian peningkatan hasil belajar kimia yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) berbasis Lesson Study dengan Macromedia Flash (74,2 %) lebih tinggi secara signifikan dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional (58,92 %). Ranah kognitif yang paling terkembangkan pada kelas eksperimen dengan model pembelajaran Project Based Learning) berbasis Lesson Study dengan Macromedia Flash pada materi adalah ranah kognitif C2 (Pemahaman).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 KIM 079 |
Keywords: | Project Based Learning (PjBL), Lesson Study, Macromedia Flash, Peningkatan Hasil Belajar, Koloid |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry Q Science > QD Chemistry > QD901 Crystallography |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 10 Apr 2019 14:50 |
Last Modified: | 03 Mar 2020 03:57 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34813 |