PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PJBL) BERBASIS LESSON STUDY DENGAN MACROMEDIA FLASH TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA PADA MATERI KOLOID KELAS XI

AMBARITA, BINARIA (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PJBL) BERBASIS LESSON STUDY DENGAN MACROMEDIA FLASH TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA PADA MATERI KOLOID KELAS XI. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 4141131004 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 4141131004 COVER.pdf - Published Version

Download (117kB) | Preview
[thumbnail of 2.  NIM. 4141131004 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 4141131004 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 4141131004 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 4141131004 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 4141131004 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 4141131004 PREFACE.pdf - Published Version

Download (270kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 4141131004 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 4141131004 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 4141131004 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 4141131004 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 4141131004 TABLES.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 4141131004 TABLES.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[thumbnail of 8.  NIM. 4141131004 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 4141131004 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 4141131004 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 4141131004 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (319kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 4141131004 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 4141131004 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 4141131004 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 4141131004 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (226kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah peningkatan hasil belajar kimia siswa dengan model Project Based Learning (PjBL) berbasis Lesson Study menggunakan Macromedia Flash memberikan pengaruh lebih tinggi daripada pembelajaran dengan model konvensional dan ranah kognitif manakah yang paling terkembangkan melalui penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) berbasis Lesson Study menggunakan Macromedia Flash pada materi Koloid. Jenis penelitian ini adalah guasi eksperimen.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIA di SMA Negeri 3 Binjai.Sampel yang digunakan dalam penelitian ini diambil secara pureposif sampling sebanyak dua kelas. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes sebanyak 20 soal dengan reliabilitas 0,85. Berdasarkan hasil uji statistik parametrik, data hasil pretest, postest, dan gain ternormalisasi (N-gain) pada kelas eksperimen dan kelas kontrol berdistribusi normal dan homogen. Untuk uji hipotesis yaitu uji t pihak kanan dengan taraf signifikan 0,05 diperoleh data thitung > ttabel yakni 6,25 > 2,045, yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian peningkatan hasil belajar kimia yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) berbasis Lesson Study dengan Macromedia Flash (74,2 %) lebih tinggi secara signifikan dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional (58,92 %). Ranah kognitif yang paling terkembangkan pada kelas eksperimen dengan model pembelajaran Project Based Learning) berbasis Lesson Study dengan Macromedia Flash pada materi adalah ranah kognitif C2 (Pemahaman).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2018 KIM 079
Keywords: Project Based Learning (PjBL), Lesson Study, Macromedia Flash, Peningkatan Hasil Belajar, Koloid
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Q Science > QD Chemistry > QD901 Crystallography
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 10 Apr 2019 14:50
Last Modified: 03 Mar 2020 03:57
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34813

Actions (login required)

View Item
View Item