Simatupang, Angga (2018) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DAN GROUP INVESTIGATION (GI) PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN DI KELAS XI IPA SMAN 11 MEDAN T.P 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4133341035 COVER.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
2. NIM. 4133341035 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (298kB) | Preview
3. NIM. 4133341035 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (449kB) | Preview
4. NIM. 4133341035 PREFACE.pdf - Published Version
Download (246kB) | Preview
5. NIM. 4133341035 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
6. NIM. 4133341035 TABLES.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
7. NIM. 4133341035 PICTURES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
8. NIM. 4133341035 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
9. NIM. 4133341035 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (456kB) | Preview
13 NIM. 4133341035 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
14 NIM. 4133341035 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (266kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar dan aktivitas siswa yang diajar dengan model kooperatif tipe Jigsaw dengan tipe Group Investigation pada materi Sistem Pernapasan di kelas XI IPA SMAN 11 Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan 2 kelas sampel dengan total 68 siswa. Kelas pertama diajarkan dengan model Jigsaw dan kelas kedua diajarkan dengan model Group Investigation. Nilai rata-rata hasil belajar dengan menggunakan model Jigsaw adalah 83,2 dengan SD = 8,586, dan rata-rata hasil belajar dengan menggunakan model Group Investigation adalah 78,38 dengan SD =7,69. Aktivitas siswa yang diamati adalah aktivitas melihat, aktivitas mendengar, aktivitas berbicara dan aktivitas menulis dengan nilai rata-rata aktivitas 83,37 untuk kelas Jigsaw dan 80,85 untuk kelas Group Investigation. Dari hasil perhitungan diketahui bahwa aktivitas siswa di kelas Jigsaw lebih tinggi dari aktivitas siswa di kelas Group Investigation. Maka dapat disimpulkan bahwa Model pembelajaran Jigsaw lebih baik daripada model Group Investigation pada materi Sistem Pernapasan di kelas XI IPA SMAN 11Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 BIO 123 |
Keywords: | Hasil Belajar, Aktivitas, Jigsaw, Group Investigation |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 10 Apr 2019 14:35 |
Last Modified: | 27 Feb 2020 06:34 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34794 |