-, OLIVIA (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING MENGGUNAKAN MEDIA LABOPRATORIUM VIRTUAL TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SMAN 1 PANGARIBUAN PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4142131011 COVER.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
2. NIM. 4142131011 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (216kB) | Preview
3. NIM. 4142131011 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
4. NIM. 4142131011 PREFACE.pdf - Published Version
Download (254kB) | Preview
5. NIM. 4142131011 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (238kB) | Preview
6. NIM. 4142131011 TABLES.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
7. NIM. 4142131011 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
8. NIM. 4142131011 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
9. NIM. 4142131011 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (433kB) | Preview
13. NIM. 4142131011 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
14. NIM. 4142131011 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (295kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing menggunakan media laboratorium virtual terhadap keterampilan proses sains siswa. Penelitian dilaksanakan di SMAN 1 Pangaribuan pada bulan Maret 2018. Sampel yang digunakan sebanyak dua kelas dengan menggunakan teknik purposive sample dengan total sampel 70 orang. Desain penelitian yang digunakan yaitu Pretest-Posttest Group Design. Instrumen tes yang digunakan dalam bentuk essay test sebanyak 10 soal. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji t-pihak kanan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan keterampilan proses sains akibat pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing menggunakan media laboratorium virtual lebih tinggi daripada pembelajaran menggunakan model konvensional dan media laboratorium virtual pada materi Larutan Penyangga. Hal ini dilihat dari harga thitung yang diperoleh, thitung> ttabel (3,48>1,669).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 KIM 091 |
Keywords: | Inkuiri Terbimbing, Keterampilan Proses Sains, Laboratorium Virtual, Larutan Penyangga |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > Q Science (General) Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 10 Apr 2019 14:21 |
Last Modified: | 27 Feb 2020 03:30 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34777 |