Wulandari, Isnaini Ari (2018) PENGARUH LITERASI EKONOMI DAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN TERPADU (PPLT) MELALUI EFIKASI DIRI TERHADAP KESIAPAN MENJADI GURU PADA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. NIM 7142141011 - COVER.pdf - Published Version
Download (195kB) | Preview
02. NIM 7142141011 - LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (540kB) | Preview
03. NIM 7142141011 - KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (434kB) | Preview
04. NIM 7142141011 - ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
05. NIM 7142141011 - DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (389kB) | Preview
06. NIM 7142141011 - DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (310kB) | Preview
09. NIM 7142141011 - BAB I.pdf - Published Version
Download (890kB) | Preview
13. NIM 7142141011 - BAB V.pdf - Published Version
Download (270kB) | Preview
14. NIM 7142141011 - DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (363kB) | Preview
Abstract
Sekarang ini minat menjadi guru sangat tinggi, akan tetapi tidak dibarengi dengan kesiapan guru yang tinggi pula. Minat saja tidak cukup karena untuk siap menjadi guru harus diiringi dengan kompetensi berupa penguasaan bidang ilmu dan karakter seorang guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Pengaruh literasi ekonomi terhadap kesiapan menjadi guru, kemudian pengaruh PPLT terhadap kesiapan menjadi guru, selanjutnya pengaruh literasi ekonomi terhadap kesiapan menjadi guru melalui efikasi diri, dan pengaruh PPLT terhadap kesiapan menajdi guru melalui efikasi diri. Penelitian dilaksanakan di Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Medan.Populasi penelitian adalah seluruh mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi Reguler 2014 yang berjumlah 98 mahasiswa dengan sampel jenuh. Metode pengumpulan data yaitu angket, dan tes.Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis jalur dengan bantuan SPSS 20.
Hasil dari penelitian ini yaitu: persamaan struktural I, X3= 25,466 + 0,318X1+ 0,299X2+ 0,892 dan persamaan structural II, Y = 14,466 + 0,223X1+ 0,398X2+ 0,313X3+ 0.707. Berdasarkan hasil penelitian tersebut disimpulkan bahwa: Ada pengaruh langsung yang positif antara literasi ekonomi terhadap kesiapan menjadi guru dengan nilai koefisien jalur 0,237. kemudian ada pengaruh langsung PPLT terhadap kesiapan menjadi guru dengan nilai koefisien jalur 0,398. selanjutnya, ada pengaruh tidak langsung lietrasi ekonomi terhadap kesiapan menjadi guru melalui efikasi diri dengan nilai koefisien jalur 0,099. Dan ada pengaruh tidak langsung yang antara PPLT terhadap kesiapan menjadi guru melalui efikasi diri dengan nilai koefisien jalur 0,093. Masing-masing pengaruh langsung memiliki nilai yang lebih besar daripada pengaruh tidak langsungnya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 EKO 052 |
Keywords: | Literasi Ekonomi, PPLT, Efikasi Diri, Kesiapan Menjadi Guru |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | astina hartono lubis |
Date Deposited: | 10 Apr 2019 11:39 |
Last Modified: | 31 Dec 2019 01:26 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34723 |