Vhania, Cindy Octa (2018) PENGARUH STATUS SOSIAL EKONOMI DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN MAHASISWA DALAM MENEMPUH PENDIDIKAN PADA JURUSAN PENDIDIKAN EKONOMI FAKULTAS EKONOMI UNIMED. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. NIM 7141141013 - SAMPUL.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
02. NIM 7141141013 - LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (431kB) | Preview
03. NIM 7141141013 - KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
04. NIM 7141141013 - ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
05. NIM 7141141013 - DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
06. NIM 7141141013 - DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
07. NIM 7141141013 - DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
09. NIM 7141141013 - BAB I.pdf - Published Version
Download (429kB) | Preview
13. NIM 7141141013 - BAB V.pdf - Published Version
Download (250kB) | Preview
14. NIM 7141141013 - DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (247kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah tingginya keputusan mahasiswa dalam menempuh pendidikan pada Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi UNIMED, dibandingkan dengan jurusan lain yang ada di Fakultas Ekonomi UNIMED. Hal ini diindikasikan dipengaruhi oleh status sosial ekonomi dan brand image.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh status sosial ekonomi dan brand image baik secara sendiri-sendiri maupun secara bersama-sama terhadap keputusan mahasiswa menempuh pendidikan pada Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi UNIMED.
Penelitian ini dilaksanakan di Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Medan. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi angkatan 2014 yang berjumlah 126 orang mahasiswa dengan 89 mahasiswa dijadikan sebagai sampel dalam penelitian ini. Teknik sampling yang digunakan adalah Proportional Sampling dengan mengacu pada tabel Isac dan Michael untuk mengukur besarnya sampel. Metode pengumpulan data yaitu obsrvasi, dokumentasi, wawancara dan angket. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda dengan bantuan SPSS 20.
Dari hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Tidak terdapat pengaruh antara status sosial ekonomi terhadap keputusan mahasiswa dalam menempuh pendidikan pada Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi UNIMED, maka dari itu penulis memberikan saran agar para orang tua baik yang memiliki kemampuan finansial tinggi maupun rendah tetap mendukung pendidikan anaknya. (2) Terdapat pengaruh positif antara brand image terhadap keputusan mahasiswa dalam menempuh pendidikan pada Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi UNIMED, sehingga penulis memberikan saran agar jurusan dalam hal ini tetap menjaga kualitas pelayanan agar tetap mampu bekerja sama yang baik dengan mahasiswa. (3) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara status sosial ekonomi dan brand image ekonomi terhadap keputusan mahasiswa dalam menempuh pendidikan pada Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi UNIMED. hasil dari koefisien determinasi (R2) menunjukkan sebesar 0,19 (19%) yang berarti bahwa sebesar 19% perubahan pada keputusan mahasiswa yang dipengaruhi oleh status sosial ekonomi dan brand image, sisanya dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 EKO 053 |
Keywords: | STATUS SOSIAL, BRAND IMAGE, KEPUTUSAN MAHASISWA |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB3711 Business cycles. Economic fluctuations |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | astina hartono lubis |
Date Deposited: | 10 Apr 2019 11:35 |
Last Modified: | 31 Dec 2019 02:08 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34718 |