SIAHAAN, CHRISTINE MARANATA (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH BERBANTUAN MACROMEDIA FLASH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI MOMENTUM DAN IMPULS DI KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 7 MEDAN T.P 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4142121002 COVER.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
2. NIM 4142121002 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (386kB) | Preview
3. NIM 4142121002 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (201kB) | Preview
4. NIM 4142121002 PREFACE.pdf - Published Version
Download (224kB) | Preview
5. NIM 4142121002 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (357kB) | Preview
7. NIM 4142121002 TABLE.pdf - Published Version
Download (298kB) | Preview
9. NIM 4142121002 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (683kB) | Preview
13. NIM 4142121002 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (323kB) | Preview
14. NIM 4142121002 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (356kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan akibat pengaruh model pembelajaran berbasis masalah berbantuan macromedia flash terhadap hasil belajar siswa pada materi Momentum dan Impuls di kelas X semester II SMA Negeri 7 Medan T.P. 2017/2018.
Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian two group pre-test dan post-test. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 7 Medan yang terdiri dari 8 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara random sampling yaitu kelas X-2 sebagai kelas eksperimen yang diberi perlakuan model pembelajaran berbasis masalah berbantuan macromedia flash dan kelas X-7 sebagai kelas kontrol yang diberi perlakuan pembelajaran konvensional yang masing-masing berjumlah 30 orang. Instrumen yang digunakan berbentuk essai test sebanyak 9 soal yang telah divalidasi.
Hasil nilai rata-rata pre-test kelas eksperimen 26,90 dan kelas kontrol 24,70. Kedua sampel berdistribusi normal dan homogen. Berdasarkan analisis uji t dua pihak diperoleh thitung< ttabel hal ini menyatakan kemampuan awal kedua sampel sama. Setelah dilakukan perlakuan yang berbeda dilakukan post-test, hasil nilai rata-rata kelas eksperimen 73,10 dan kelas kontrol 64,13. Analisis uji t satu pihak diperoleh thitung> ttabel hal ini menyatakan ada perbedaan yang signifikan akibat pengaruh model pembelajaran berbasis masalah berbantuan macromedia flash terhadap hasil belajar siswa pada materi Momentum dan Impuls kelas X Semester II SMA Negeri 7 Medan T.P. 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 FIS 090 |
Keywords: | HASIL BELAJAR, MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH, MOMENTUM DAN IMPULS |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | astina hartono lubis |
Date Deposited: | 10 Apr 2019 11:25 |
Last Modified: | 31 Dec 2019 02:54 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34710 |