EFEK MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP KETERAMPILAN GENERIK SAINS SISWA DI SMA NEGERI 17 MEDAN

-, MULYANA (2018) EFEK MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP KETERAMPILAN GENERIK SAINS SISWA DI SMA NEGERI 17 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. COVER.pdf]
Preview
Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (161kB) | Preview
[thumbnail of 2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (234kB) | Preview
[thumbnail of 3. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf]
Preview
Text
3. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version

Download (275kB) | Preview
[thumbnail of 4. ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
4. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[thumbnail of 5. KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
5. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (182kB) | Preview
[thumbnail of 6. DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
6. DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (247kB) | Preview
[thumbnail of 7. DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
7. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[thumbnail of 8. DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
8. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (213kB) | Preview
[thumbnail of 9. DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
9. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (260kB) | Preview
[thumbnail of 10. BAB I.pdf]
Preview
Text
10. BAB I.pdf - Published Version

Download (636kB) | Preview
[thumbnail of 14. BAB V.pdf]
Preview
Text
14. BAB V.pdf - Published Version

Download (190kB) | Preview
[thumbnail of 15. DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (242kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui perbedaan keterampilan generik sains siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran inkuiri dan pembelajaran konvensional (2) Mengetahui efek penerapan model pembelajaran inkuiri terhadap keterampilan generik sains siswa di SMA Negeri 17 Medan (3) Mengetahui aktivitas belajar siswa selama proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran inkuiri. Jenis penelitian ini adalah penelelitian quasi eksperiment dengan populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas XI Semester Genap SMA Negeri 17 Medan T.A. 2017/2018 sebanyak 5 kelas. Sampel penelitian terdiri dari 2 kelas yaitu kelas XI MIA 5 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIA 4 sebagai kelas kontrol yang diambil secara purposive sampling. Perolehan data hasil keterampilan generik sains siswa dalam penelitian ini digunakan instrumen berupa instrumen tes keterampilan generik sains dan instrumen aktivitas pembelajaran inkuiri. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji kesamaan rata-rata (uji t dua pihak dan uji t satu pihak). Setelah analisis data dilakukan, diperoleh hasil sebagai berikut (1) Terdapat perbedaan keterampilan generik sains siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran inkuiri dan pembelajaran konvensional (2) Terdapat efek atau pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap keterampilan generik sains siswa. (3) Terdapat peningkatan aktivitas belajar siswa setiap pertemuan selama proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran inkuiri.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2018 FIS 126
Keywords: Model pembelajran inkuiri ; konvensional; keterampilan generik sains
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mr Renaldi Syafaruddin Akbar
Date Deposited: 09 Apr 2019 14:34
Last Modified: 26 Feb 2020 03:34
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34513

Actions (login required)

View Item
View Item