-, MULYANA (2018) EFEK MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP KETERAMPILAN GENERIK SAINS SISWA DI SMA NEGERI 17 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. COVER.pdf - Published Version
Download (161kB) | Preview
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (234kB) | Preview
3. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (275kB) | Preview
4. ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
5. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (182kB) | Preview
6. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (247kB) | Preview
7. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
8. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
9. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (260kB) | Preview
10. BAB I.pdf - Published Version
Download (636kB) | Preview
14. BAB V.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (242kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui perbedaan keterampilan generik sains siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran inkuiri dan pembelajaran konvensional (2) Mengetahui efek penerapan model pembelajaran inkuiri terhadap keterampilan generik sains siswa di SMA Negeri 17 Medan (3) Mengetahui aktivitas belajar siswa selama proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran inkuiri. Jenis penelitian ini adalah penelelitian quasi eksperiment dengan populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas XI Semester Genap SMA Negeri 17 Medan T.A. 2017/2018 sebanyak 5 kelas. Sampel penelitian terdiri dari 2 kelas yaitu kelas XI MIA 5 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIA 4 sebagai kelas kontrol yang diambil secara purposive sampling. Perolehan data hasil keterampilan generik sains siswa dalam penelitian ini digunakan instrumen berupa instrumen tes keterampilan generik sains dan instrumen aktivitas pembelajaran inkuiri. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji kesamaan rata-rata (uji t dua pihak dan uji t satu pihak). Setelah analisis data dilakukan, diperoleh hasil sebagai berikut (1) Terdapat perbedaan keterampilan generik sains siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran inkuiri dan pembelajaran konvensional (2) Terdapat efek atau pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap keterampilan generik sains siswa. (3) Terdapat peningkatan aktivitas belajar siswa setiap pertemuan selama proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran inkuiri.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 FIS 126 |
Keywords: | Model pembelajran inkuiri ; konvensional; keterampilan generik sains |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 09 Apr 2019 14:34 |
Last Modified: | 26 Feb 2020 03:34 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34513 |