Harahap, Risda Suryani (2018) MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION (RME) PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SD NEGERI 101776 SAMPALI T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1.NIM. 1141111072 - COVER .pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
2. NIM. 1141111072-LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version
Download (373kB) | Preview
3. NIM. 1141111072-ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
4. NIM. 1141111072-KATA PENGANTAR- .pdf - Published Version
Download (204kB) | Preview
5. NIM. 1141111072-DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
6. NIM. 1141111072-DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
7. NIM. 1141111072-DAFTAR GAMBAR- .pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
8. NIM. 1141111072-DAFTAR DIAGRAM.pdf - Published Version
Download (81kB) | Preview
9.NIM. 1141111072-BAB 1.pdf - Published Version
Download (649kB) | Preview
13.NIM. 1141111072-BAB V.pdf - Published Version
Download (204kB) | Preview
14. NIM. 1141111072_ DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar Matematika materi perkalian dan pembagian pecahan kelas V SD Negeri 101776 Sampali dengan model pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, siklus I dan siklus II dan setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket untuk mengetahui sejauh mana model pembelajaran yang digunakan, dan lembar observasi untuk mengamati kegiatan belajar mengajar berlangsung. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan menguraikan persentase-persentase pada setiap siklus. Berdasarkan analisis data pada kondisi awal diperoleh hasil angket siswa sebanyak 2 siswa (7,70%) yang memiliki motivasi tinggi, 1 siswa (3,84%) yang memiliki motivasi sedang, dan 22 siswa (88,46%) yang memiliki motivasi rendah. Pada Kondisi Akhir diperoleh hasil angket siswa sebanyak 21 siswa (80,77%) yang memiliki motivasi sangat tinggi, 3 siswa (11,55%) memiliki motivasi tinggi, 1 siswa (3,84%) memiliki motivasi sedang, dan 1 siswa (3,84%) memiliki motivasi rendah. Pada siklus I pertemuan 1 diperoleh hasil observasi individu sebanyak 2 siswa (7,70%) tergolong tinggi, 2 siswa (7,70%) tergolong sedang, dan 22 siswa (84,6%) tergolong rendah. Pada siklus I pertemuan 2 diperoleh hasi observasi individu sebanayak 1 siswa (3,84%) tergolong sangat tinggi, 3 siswa (11,54%) tergolong tinggi, 8 siswa (30,77%) tergolong sedang, dan 14 siswa (53,85%) tergolong rendah. Pada siklus II pertemuan 1 diperoleh hasil observasi individu sebanyak 6 siswa (23,08%) tergolong sangat tinggi, 8 siswa (30,77%) tergolong tinggi, 5 siswa (19,23%) tergolong sedang, dan 7 siswa (26,92%) tergolong rendah. Pada siklus II pertemuan 2 diperoleh hasil observasi individu diperoleh 22 siswa (84,62%) terlong sangat tinggi, 2 siswa (7,70%) tergolong tinggi, 1 siswa (3,84%) tergolong sedang, dan 1 siswa (3,84%) tergolong rendah pada mata pelajaran Matematika. Dengan demikian berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka dengan model pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME) dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Matematika materi perkalian dan pembagian pecahan kelas V SD Negeri 101776 Sampali T.A 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 PGSD 428 |
Keywords: | Realistic Mathematic Education, Motivasi, Matematika, Pecahan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 09 Apr 2019 14:33 |
Last Modified: | 26 Feb 2020 03:25 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34511 |