RAMADHANI, DEWI (2018) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN SIMULASI KOMPUTER DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH DAN BERFIKIR KREATIF SISWA PADA MATERI GERAK HARMONIK SEDERHANA KELAS X SMAN 3 MEDAN T.A. 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. NIM. 4141121009 COVER.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
02. NIM. 4141121009 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (181kB) | Preview
03. NIM. 4141121009 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
04. NIM. 4141121009 PREFACE.pdf - Published Version
Download (382kB) | Preview
05. NIM. 4141121009 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (264kB) | Preview
06. NIM. 4141121009 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
07. NIM. 4141121009 TABLES.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
08. NIM. 4141121009 APPENDIX.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
09. NIM. 4141121009 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (597kB) | Preview
13. NIM. 4141121009 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (188kB) | Preview
14. NIM. 4141121009 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (506kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model problem based learning (PBL) berbantuan simulasi komputer dalam meningkatkan keterampilan pemecahan masalah dan berfikir kreatif siswa. Metode penelitian adalah quasi eksperimen dengan desain two group pre-test post-test. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas X MIA SMAN 3 Medan T.A. 2017/2018 yang terdiri dari 12 kelas. Sampel penelitian ini diambil dengan teknik random sampling yang terdiri dari dua kelas, yaitu kelas X MIA 4 sebagai kelas eksperimen diterapkan PBL berbantuan simulasi komputer dan kelas X MIA 3 sebagai kelas kontrol diterapkan pembelajaran konvensional, masing-masing kelas sebanyak 32 siswa. Data penelitian ini diperoleh menggunakan instrumen berupa tes essay yang terdiri dari tes keterampilan pemecahan masalah dan berfikir kreatif masing-masing berjumlah 5 butir soal yang telah dinyatakan valid. Hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata postes keterampilan pemecahan masalah (KPM) kelas eksperimen adalah 80,50 dan nilai rata-rata kelas kontrol 63,13. Hasil uji t postes KPM siswa menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan antara keterampilan pemecahan masalah dengan model PBL dan pembelajaran konvensional. Hasil uji N-gain tiap indikator keterampilan pemecahan masalah menunjukkan peningkatan dengan N-gain tertinggi pada indikator membuat alternatif pemecahan yakni 89% pada kelas eksperimen dan 62% pada kelas kontrol. Nilai rata-rata postes keterampilan berfikir kreatif (KBK) kelas eksperimen 68,50 dan nilai rata-rata kelas kontrol 59,18. Hasil uji N-gain tiap indikator KBK menunjukkan peningkatan dengan N-gain tertinggi per indikator KBK yaitu pada indikator fluency (berfikir lancar), 72% pada kelas eksperimen dan 55% pada kelas kontrol. Hasil uji t data postes menunjukkan perbedaan yang signifikan dengan pembelajaran konvensional, dengan kata lain model PBL berbantuan simulasi komputer lebih baik dibandingkan pembelajaran konvensional terhadap KBK dan KPM siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 FIS 127 |
Keywords: | keterampilan pemecahan masalah; keterampilan berfikir kreatif; problem based learning; simulasi komputer |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 09 Apr 2019 13:59 |
Last Modified: | 26 Feb 2020 02:37 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34503 |