PUTRI, HERLIANI (2018) ANALISIS PENGARUH PROSES PEMBELAJARAN DAN BERPIKIR KRITIS TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA DI KELAS X MADRASAH ALIYAH. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4141121025 COVER.pdf - Published Version
Download (41kB) | Preview
2. NIM 4141121025 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
3. NIM 4141121025 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
4. NIM 4141121025 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
5. NIM 4141121025 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
6. NIM 4141121025 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
7. NIM 4141121025 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
8. NIM 4141121025 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
9. NIM 4141121025 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
14. NIM 4141121025 BAB V.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
15. NIM 4141121025 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui kualitas proses pembelajaran fisika, berpikir kritis fisika dan hasil belajar fisika (2) mengetahui pengaruh proses pembelajaran fisika dan berpikir kritis fisika secara parsial terhadap hasil belajar fisika siswa dan (3) mengetahui pengaruh proses pembelajaran fisika dan berpikir kritis fisika secara simultan terhadap hasil belajar fisika siswa dikelas X Madrasah Aliyah. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian survei. Penelitian ini dilakukan di kelas X MIA MAN 1 Medan dengan jumlah populasi 338 siswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 50 siswa yang diambil dari teknik proporsional random sampling.
Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui angket dan soal data sekunder nilai fisika. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan menggunakan uji t dan uji F. Sebelum dilakukan uji hipotesis, dilakukan uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas, uji multikolinearitas, dan uji heterokedasitas. Melalui analisis data diperoleh persamaan regresi yaitu Y = 8,74 + 0,26X1 + 0,41X2 + e, dimana X1 adalah variabel proses pembelajaran dan X2 adalah variabel berpikir kritis dengan nilai koefisien determinasi 50%.
Melalui pengujian hipotesis diperoleh adanya pengaruh parsial yang signifikan dari variabel proses pembelajaran fisika, berpikir kritis fisika terhadap hasil belajar fisika. Ada pengaruh simultan yang signifikan pada variabel proses pembelajaran fisika dan berpikir kritis fisika terhadap hasil belajar fisika. Dengan demikian dapat disimpulkan ada pengaruh parsial yang positif pada variabel proses pembelajaran fisika terhadap hasil belajar fisika dengan koefisien regresi 0,26. Ada pengaruh parsial yang positif pada variabel berpikir kritis fisika terhadap hasil belajar fisika dengan koefisien regresi 0,41. Dan ada pengaruh simultan yang positif sebesar 50% pada variabel proses pembelajaran fisika, dan berpikir kritis fisika terhadap hasil belajar fisika.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 FIS 128 |
Keywords: | proses pembelajaran fisika; berpikir kritis fisika; hasil belajar fisika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 09 Apr 2019 13:59 |
Last Modified: | 26 Feb 2020 02:32 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34502 |