KURNIATI, WENNY (2018) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) ETNOMATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA PADA PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP). Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4141111054 COVER.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
2. NIM. 4141111054 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (243kB) | Preview
3. NIM. 4141111054 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
4. NIM. 4141111054 PREFACE.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
5. NIM. 4141111054 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
6. NIM. 4141111054 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
7. NIM. 4141111054 TABLES.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
8. NIM. 4141111054 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
9. NIM. 4141111054 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (664kB) | Preview
13. NIM. 4141111054 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
14. NIM. 4141111054 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (246kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) efektivitas produk pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Etnomatematik untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis pada pendidikan matematika realistik di SMP, (2) peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VII SMP Islam Al-Ulum Terpadu Medan terhadap produk pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Etnomatematik untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis pada pendidikan matematika realistik di SMP dan (3) respon siswa terhadap produk pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) etnomatematik untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis pada pendidikan matematika realistik di SMP.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Islam Al-Ulum Terpadu Medan. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan berupa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD). Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (research and development / R&D) dengan menggunakan model 4-D (Four D Model) yang dikemukakan Thiagarajan, Semmel dan Semmel yang telah dimodifikasi terdiri dari tiga tahap yaitu tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), dan tahap pengembangan (develop). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi ahli, tes dan angket respon siswa. Teknik analisis data dalam pengembangan perangkat pembelajaran digunakan teknik analisis statistik deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) efektivitas perangkat pembelajaran yang dikembangkan dengan etnomatematik pada pendidikan matematika realistik terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa disimpulkan pada: (a) ketuntasan belajar siswa secara klasikal 88,57% dan (b) ketercapaian indikator berada pada kriteria keefektivan; (2) peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa menggunakan perangkat pembelajaran etnomatematik dengan model pendidikan matematika realistik dapat dilihat dari nilai N-Gain 0,65 artinya berada dalam kategori sedang; dan (3) Respon siswa terhadap pembelajaran menggunakan perangkat pembelajaran etnomatematik dengan model pendidikan matematika realistik positif yaitu diatas 80%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 MAT 141 |
Keywords: | etnomatematik, kemampuan komunikasi matematis, pendidikan matematika realistik , segitiga |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 09 Apr 2019 13:50 |
Last Modified: | 25 Feb 2020 07:47 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34492 |